MODEL EXPLICIT INSTRUCTION: STRATEGI EFEKTIF UNTUK PRESTASI PRAKTIK SISWA SMK OTOMOTIF

Penulis

  • Arief Syamsuddin universitas ahmad dahlan
  • Bambang Sudarsono Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

model explicit instruction, prestasi praktik, pendidikan kejurun, siswa SMK Otomotif

Abstrak

Keterampilan praktik memainkan peran krusial dalam mempersiapkan lulusan SMK menghadapi tantangan di dunia kerja. Untuk meningkatkan prestasi belajar dalam keterampilan praktik, diperlukan strategi pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa SMK jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), dengan fokus pada peningkatan prestasi praktik siswa. Melalui metode penelitian tindakan kelas, 25 siswa dari SMK Muhammadiyah 1 Pakem yang mengambil jurusan teknik otomotif menjadi subjek penelitian. Data dikumpulkan menggunakan lembar kinerja praktik yang diverifikasi oleh industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Explicit Instruction dapat diimplementasikan secara efektif oleh siswa, dengan terjadi peningkatan signifikan dalam rata-rata skor kompetensi keterampilan praktik setiap kali siklus penelitian dilakukan. Aspek persiapan kerja meningkat dari 1,4 di siklus pertama menjadi 2,3 di siklus kedua dan 3,8 di siklus ketiga. Sementara itu, aspek kompetensi pengetahuan kerja meningkat dari 1,6 di siklus pertama menjadi 2,2 di siklus kedua dan 3,4 di siklus ketiga. Aspek kompetensi keterampilan kerja juga mengalami peningkatan dari 1,5 di siklus pertama menjadi 1,8 di siklus kedua dan 3,2 di siklus ketiga.

Diterbitkan

2024-05-30

Cara Mengutip

Syamsuddin, A., & Sudarsono, B. (2024). MODEL EXPLICIT INSTRUCTION: STRATEGI EFEKTIF UNTUK PRESTASI PRAKTIK SISWA SMK OTOMOTIF. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11(1), 62–76. Diambil dari https://jptm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jptm/article/view/21

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.