THE INFLUENCE OF 4C SKILLS ON LEARNING OUTCOMES OF VOCATIONAL STUDENTS IN THE SUBJECT OF LATHE MACHINERY ENGINEERING

Authors

  • Muhamad Vikri Iqbal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Haris Abizar
  • Atep Iman

Keywords:

4C Skills, Learning Outcomes, Lathe Machining

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengaruh Keterampilan 4C (Critical thinking, Creative, Communication, Collaboration) terhadap hasil belajar pada subjek mesin bubut menurut aspek siswa dan aspek guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Penelitian dilakukan di dua sekolah dengan strata dan wilayah kota yang berbeda, yaitu SMK Negeri 2 Kota Serang dan SMK YPWKS Kota Cilegon dengan pengumpulan data yaitu observasi, angket/angket dan studi pustaka. Hasil pengumpulan data angket yang diambil adalah siswa dan guru dengan jumlah siswa 131 dan guru dengan teknik analisis data adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji regresi linier sederhana. Hasil menurut aspek siswa pada koefisien determinasi (r2) adalah (84,3%) dan menurut aspek guru pada koefisien determinasi (r2) adalah (91,9%), sehingga keterampilan 4C berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran mesin bubut pada kedua SMK.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Muhamad Vikri Iqbal, Abizar, H., & Iman, A. (2024). THE INFLUENCE OF 4C SKILLS ON LEARNING OUTCOMES OF VOCATIONAL STUDENTS IN THE SUBJECT OF LATHE MACHINERY ENGINEERING. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11(1), 27–41. Retrieved from https://jptm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jptm/article/view/15

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.