MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KERJA: MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KESIAPAN KERJA SISWA SMK
Abstract
Beberapa tahun terakhir lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih mendominasi tingkat pengangguran di Indonesia. Pengangguran yang menjadi permasalahan utama dapat diatasi dengan peningkatan kesiapan kerja siswa SMK dengan dukungan dari industri. Tujuan penelitian adalah mengembangkan model pembelajaran berbasis kerja yang layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kesiapan kerja siswa SMK. Desain penelitian ini mengadopsi desain penelitian dan pengembangan (R&D) Richey and Klein dengan tahapan pengembangan model, validasi internal dan validasi eksternal. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa SMK Muhammadiyah 2 Tempel yang terdiri dari 52 siswa. Obyek penelitian adalah bengkel SMK Muhammadiyah 2 Tempel dan Otomotif Jogjakarta Centre. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes unjuk kerja. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa dari hasil validasi eksternal (ujicoba terbatas dan diperluas) model pembelajaran berbasis kerja layak digunakan dan efektif meningkatkan kesiapan kerja siswa SMK dengan kategori sangat baik.