PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERORIENTASI INDUSTRI (PBL+I) UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN KERJA SISWA SMK

Authors

  • Bambang Sudarsono Universitas Ahmad Dahlan
  • Wegig Pratama Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta

Abstract

Tingkat pengangguran dari lulusan SMK masih menempati posisi tertinggi. Pengangguran terjadi karena rendahnya kesiapan kerja siswa SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis masalah, menguji kelayakan dan efektifitas model. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian dan pengembangn (R&D) dengan subyek guru, ahli pembelajaran, praktisi industri dan siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, angket dan tes kinerja praktik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model PBL+i dapat meningkatkan kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan selama dua kali ujicoba dengan kriteria sangat baik. Model PBL+i yang diterapkan pada pembelajaran SMK akan berdampak terhadap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang berbasis industri dan meningkatkan kualitas kemitraan industri.

Downloads

Published

2024-05-05

How to Cite

Sudarsono, B., & Pratama, W. (2024). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERORIENTASI INDUSTRI (PBL+I) UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN KERJA SISWA SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11(1), 1–12. Retrieved from https://jptm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jptm/article/view/16