ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGEMBANGAN TEACHING FACTORY DI SMKN 5 KOTA SERANG

Authors

  • Siti Irna Solehah UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
  • Deni Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Deddy Supriyatna Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.36706/jptm.v11i2.34

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengembangan pelaksanaan program teaching factory dil SMK Negeri 5 Kota Serang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive sampling dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa pelaksana pembelajaran teaching factory jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif kelas XI TKRO 1 dan XI TKRO 2 SMKN 5 Kota Serang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 47 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor. Hasil dari uji analisis faktor dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan pelaksanaan teaching factory di SMKN 5 Kota Serang terbentuk 7 faktor. Ketujuh faktor tersebut yaitu faktor  pola pembelajaran training, marketing promosi, sarana dan prasarana, sumber daya manusia, hubungan industri, manajemen, produk dan jasa. Faktor yang paling dominan adalah faktor pola pembelajaran training dengan nilai variance 17,849% dan faktor terkecil adalah faktor produk dan jasa dengan nilai variance 4,457%.

Author Biographies

Deni, Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Dosen Pendidikan Vokasional Teknik Mesin

Univeristas Sultan Ageng Tirtayasa

Deddy Supriyatna, Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Dosen Pendidikan Vokasional Teknik Mesin

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Solehah, S. I., Ramdani, S., & Supriyatna, D. (2024). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGEMBANGAN TEACHING FACTORY DI SMKN 5 KOTA SERANG. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11(2), 65–76. https://doi.org/10.36706/jptm.v11i2.34