MINAT BELAJAR MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNSRI

Penulis

  • Elfride Salvadora Siregar Universitas Sriwijaya
  • Elfahmi Dwi Kurniawan Universitas Sriwijaya
  • Nopriyanti Universitas Sriwijaya

Kata Kunci:

minat belajar mahasiswa, pembelajaran daring

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar mahasiswa dalam proses
pembelajaran dalam jaringan (daring) di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin
FKIP Universitas Sriwijaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program
Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya yang belajar dengan
pendekatan pembelajaran daring yaitu sebanyak 274 mahasiswa. Sampel penelitian
berjumlah 163 mahasiswa dengan teknik penentuan sampel menggunakan teknik
random sampling. Waktu penelitian yaitu semester ganjil tahun ajaran 2021-2022
pada bulan Oktober – November 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil minat belajar daring
mahasiswa dalam proses pembelajaran daring Program Studi Pendidikan Teknik
Mesin FKIP Universitas Sriwijaya dikategorikan Baik dengan tingkat ketercapaian
dengan persentase 80,42%. Diharapkan hasil penelitian ini mampu memberikan
informasi bagi pendidik terkait proses pembelajaran daring kedepannya.

Referensi

Abdulloh, A., Fahmi, M. Z., & Siswanto, I. (2019). Penggunaan Media Sosial (Youtube)

Sebagai Media Inovatif Dalam Pembelajaran Di Madrasah Gresik. Jurnal ABDI, 5(1),

https://doi.org/10.26740/ja.v5n1.p33-37

Arikunto. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. PT Rineka Cipta.

Firdaus, H. N. S. (2021). Implementasi Pembelajaran Inovatif Pada Pengajaran Keselamatan

dan Kesehatan Kerja Untuk Pendidikan Teknik Otomotif. Jurnal Pendidikan Teknik

Mesin, 8(2), 86–93. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jptm.v8i2.15201

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa

Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and

Literature, 3(1), 53–65.

Kurniawan, E. D., Nopriyanti, & Darlius. (2021). Kefektifan Pembelajaran Berbasis Produk

Untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Dinamika Vokasional

Teknik Mesin, 6(Oktober), 144–157.

https://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika/article/view/44134

Kuswana, W. S. (2013). Filsafat Pendidikan Teknologi, Vokasi dan Kejuruan. Alfabeta.

Minat Belajar Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Daring Program Studi Pendidikan Teknik

Mesin FKIP Unsri 87

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat

Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan

Penelitian, 5(1), 135-159.

Mustika, R. A., & Kusdiyati, S. (2015). Studi deskriptif student engagement pada siswa kelas

XI IPS di SMA Pasundan 1 Bandung. 244–251.

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi

Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Ramadhan, I., Nursuprianah, I., & Raharjo, H. (2020). Kecanduan Bermain, Game Online ,

Prestasi Belajar. Al Khawarizmi, 4(2), 153–170.

Ramanta, D., & Widayanti, F. D. (2020). Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah

Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar

Bimbingan dan Konseling, 0(0), 61–67.

http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/81

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. (2008). Psikologi Belajar. PT Rineka Cipta.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu

Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan

Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.

https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Tanjung, R., Ritonga, T., & Siregar, E. Y. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Dalam

Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Ujung Batu Barus.

MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 88–96.

Ulinnuha, D. K., Harjanto, B., & Widiastuti, I. (2019). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin.

Nozel, 01(01), 09–22.

Diterbitkan

2025-07-10

Cara Mengutip

Elfride Salvadora Siregar, Elfahmi Dwi Kurniawan, & Nopriyanti. (2025). MINAT BELAJAR MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNSRI. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9(1), 78–87. Diambil dari https://jptm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jptm/article/view/102

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.