MINAT BELAJAR MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNSRI
Keywords:
minat belajar mahasiswa, pembelajaran daringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar mahasiswa dalam proses
pembelajaran dalam jaringan (daring) di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin
FKIP Universitas Sriwijaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program
Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya yang belajar dengan
pendekatan pembelajaran daring yaitu sebanyak 274 mahasiswa. Sampel penelitian
berjumlah 163 mahasiswa dengan teknik penentuan sampel menggunakan teknik
random sampling. Waktu penelitian yaitu semester ganjil tahun ajaran 2021-2022
pada bulan Oktober – November 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil minat belajar daring
mahasiswa dalam proses pembelajaran daring Program Studi Pendidikan Teknik
Mesin FKIP Universitas Sriwijaya dikategorikan Baik dengan tingkat ketercapaian
dengan persentase 80,42%. Diharapkan hasil penelitian ini mampu memberikan
informasi bagi pendidik terkait proses pembelajaran daring kedepannya.
References
Abdulloh, A., Fahmi, M. Z., & Siswanto, I. (2019). Penggunaan Media Sosial (Youtube)
Sebagai Media Inovatif Dalam Pembelajaran Di Madrasah Gresik. Jurnal ABDI, 5(1),
https://doi.org/10.26740/ja.v5n1.p33-37
Arikunto. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. PT Rineka Cipta.
Firdaus, H. N. S. (2021). Implementasi Pembelajaran Inovatif Pada Pengajaran Keselamatan
dan Kesehatan Kerja Untuk Pendidikan Teknik Otomotif. Jurnal Pendidikan Teknik
Mesin, 8(2), 86–93. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jptm.v8i2.15201
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa
Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and
Literature, 3(1), 53–65.
Kurniawan, E. D., Nopriyanti, & Darlius. (2021). Kefektifan Pembelajaran Berbasis Produk
Untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Dinamika Vokasional
Teknik Mesin, 6(Oktober), 144–157.
https://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika/article/view/44134
Kuswana, W. S. (2013). Filsafat Pendidikan Teknologi, Vokasi dan Kejuruan. Alfabeta.
Minat Belajar Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Daring Program Studi Pendidikan Teknik
Mesin FKIP Unsri 87
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat
Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan
Penelitian, 5(1), 135-159.
Mustika, R. A., & Kusdiyati, S. (2015). Studi deskriptif student engagement pada siswa kelas
XI IPS di SMA Pasundan 1 Bandung. 244–251.
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi
Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Ramadhan, I., Nursuprianah, I., & Raharjo, H. (2020). Kecanduan Bermain, Game Online ,
Prestasi Belajar. Al Khawarizmi, 4(2), 153–170.
Ramanta, D., & Widayanti, F. D. (2020). Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah
Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar
Bimbingan dan Konseling, 0(0), 61–67.
http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/81
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah. (2008). Psikologi Belajar. PT Rineka Cipta.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu
Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan
Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.
https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Tanjung, R., Ritonga, T., & Siregar, E. Y. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Dalam
Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Ujung Batu Barus.
MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 88–96.
Ulinnuha, D. K., Harjanto, B., & Widiastuti, I. (2019). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin.
Nozel, 01(01), 09–22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.