PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF DAN METODE CERAMAH PADA PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK YP GAJAH MADA
DOI:
https://doi.org/10.36706/jptm.v6i2.254Keywords:
eksperimen semu, pembelajaran interaktif, setting kooperatif, metode ceramah, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih secara acak. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa yang menggunakan metode PISK serta ceramah dan berapa besar perbedaan prestasi belajar yang didapatkan siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMK YP Gajah Mada. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisa data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabelitas, uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang menggunakan metode PISK rata-rata nilai 80, hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah 72, terdapat perbandingan prestasi belajar siswa antara metode PISK dan metode ceramah. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t untuk thitung yaitu 1.95 lebih besar daripada ttabel yaitu 1.68. dari hasil penelitian menunjukkan metode eksperimen dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Daryanto. (2010). belajar dan mengajar.Bandung: CV. Yrama Widya.
Depdikbud. (1999). pedoman pelaksaan kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Depdikbud.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. B.S. & Zain Aswan (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ernita Tiara., Fatimah., & Adawiah. R. (2016). Hubungan Cara Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pkn Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Banjarmasin. Pendidikan kewarganegaraan. 6 (11): 971-979.
Hamalik Oemar. (2008). proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim. R & Syaodih.( 2010). perencanaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ningrum. V. F., Riyadi., & Roswitha. M. (2014). Eksperimentasi Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) dan Student Team Achievement Division (STAD) pada Materi Peluang Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Tahun Pelajaran 2012/2013. ISSN 242-5419. 3 (2): 77-88.
Ratnasari. W. E. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo. 5 (2): 400-405.
Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. 1 (1): 21-36.
Sagala Syaiful. (2011). konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya Wina. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Slavin. (2008). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Soetopo Sungkowo. (2016). Beberapa Strategi Pembelajaran. Palembang: PGSD FKIP UNSRI.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumarni & Susanti Nora. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. Journal of Economic and Economic Education. 4 (1): 109-123.
Supriyadi. (2013). Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta: Jaya Ilmu
Suryosubroto. (2009). proses belajar mengajar disekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Taniredja Tukiran, dkk. (2013). model-model pembelajaran inovatif dan efektif. Jakarta: Alfabeta.
Thaib. N. E. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika. XIII (2): 384-399
Undang-Undang. (2005). standar kompetensi lulusan. Jakarta: Undang-Undang
Sudjana. (2005). Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.