PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER POWER TRAIN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.36706/jptm.v12i1.60Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran Trainer Power Train terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Teknologi Otomotif Dasar di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian menggunakan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian terdiri dari 32 mahasiswa yang dipilih secara keseluruhan (total sampling). Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi belajar dan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar mahasiswa. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, deskriptif statistik, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan pendekatan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Trainer Power Train secara signifikan meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Nilai rata-rata motivasi belajar meningkat secara signifikan, dan hasil belajar mahasiswa menunjukkan peningkatan yang substansial setelah penerapan media pembelajaran ini.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media Trainer Power Train efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Teknologi Otomotif Dasar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi dosen untuk mengadopsi media pembelajaran yang inovatif dan praktis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang teknik mesin.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.