PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH CAD DASAR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
DOI:
https://doi.org/10.36706/jptm.v10i2.104Keywords:
Autodesk Inventor, Buku Ajar, 4DAbstract
Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah untuk mengembangkan
buku ajar mata kuliah CAD dasar di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode
research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan
buku ajar yang bersiat 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Buku ajar
ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep dasar
penggunaan aplikasi Autodesk inventor, mendorong keterampilan dasar dalam
menggunakan perangkat lunak aplikasi Autodesk inventor dan mendorong
semangat berliterasi bagi mahasiswa. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini
yakni buku ajar yang telah di buat telah valid dan dikategorikan praktis dengan
nilai dari tim validasi ahli materi diperoleh rerata penilaian 3,92 dengan kategori
valid, dan hasil validasi ahli media diperoleh rerata penilaian 4,21 dengan kategori
sangat valid.
References
Albet Maydiantoro. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research And Development). Universitas Lampung, Provinsi Lampung, vol.1, 29–35.
Bisono, R. M., & Hendarti, D. R. (2019). Peningkatan Kemampuan Menggambar Teknik Siswa SMK Menggunakan Software Berbasis Computer Aided Design (CAD) Sebagai Upaya Pengembangan Kualitas Nilai Sumber Daya Manusia (SDM) Untuk Menghadapi Dunia Kerja. Jurnal Abdinus: Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(1), 11. https://doi.org/10.29407/ja.v3i1.12768
Hwang, G., Wu, P., & Chen, C. (2019). Effective integration of multimedia and CAD tools on students' learning outcomes and interest in engineering design. Computers & Education, 128, 1–15. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.013
Lee, Y., & Kozar, K. (2020). The impact of digital tools on engineering students' design skills and innovation capacity. International Journal of Engineering Education, 36(1), 139–147.
Markova, M., & Zdravkova, R. (2021). Digital Media in Higher Education: Enhancing Student Engagement and Learning Outcomes. Journal of Educational Technology, 38(2), 45–60.
Marlina Eliyanti, M. P. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan), 2017–2013.
Puspitasari, Y. (2021). Model Pengembangan Buku Ajar Melalui Pendekatan 4D. Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasi, 8(2), 123-132.
Septa, R., Hartanto, W., & Dani, H. (2021). Studi Literatur : Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Software Autocad.
Septa, H., Saraswati, P., & Mulyana, D. (2020). Pengembangan standar kompetensi lulusan sesuai kebutuhan industri di era digital. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 15(2), 120–129.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan, kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development Model: Procedures for Developing Instructor and Programed Materials. RAND Corporation.
Wibawa, A. (2018). Penerapan Autodesk Inventor dalam Pembelajaran Desain Teknik. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 56–64.
Widdoyoko, S. (2016). Pengukuran minat dan motivasi belajar siswa. Pendidikan dan Pembelajaran, 23(2), 45-52.
YM Raja Abdullah Raja, I., & Daud Ismail. (2018). Aplikasi ‘Konsep 4c’ Pembelajaran Abad Ke-21 Dalam Kalangan Guru Pelatih Pengajian Agama Institut Pendidikan Guru Kampus Dato’ Razali Ismail. Institut Pendidikan Guru Kampus Dato, vol.1(2018), 45–65.
Zhou, M., Li, J., & Zhang, Y. (2020). Multimedia-enhanced learning for engineering education: A review and future directions. International Journal of Engineering Education, 36(4), 1061–1072.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.