PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS STEM PADA MATERI CNC MILLING SIMULATOR

Authors

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh minimnya fasilitas pembelajaran CNC yang mana. Pemenuhan fasilitas pembelajaran CNC memerlukan biaya yang besar, oleh karena itu diperlukan alternatif sumber pembelajaran yang dapat memfasilitasi kekurangan. Jenis penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan (RnD) yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar modul pembelajaran berbasis STEM aplikasi CNC Simulator For Andorid yang valid dan praktis. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FKIP Unsri yang sedang mengambil matakuliah CNC Lanjut. Objek penelitian adalah Modul berbasis STEM pada Materi CNC VMC Simulator for Android.  Waktu penelitian adalah tahun 2023. Model pengembangan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, and Disseminate). Setelah dilakukan penelitian didapatkan hasil halidasi ahli materi buku panduan CNC diperoleh nilai total berjumlah 347. berada pada kategori SANGAT VALID.  Validasi ahli media diperoleh nilai 235 berada pada kategori SANGAT VALID. Hasil uji praktikalitas bahan ajar modul oleh mahasiswa menunjukan tingkat kepraktisan masuk kategori praktis dimana diperoleh Koefisien Reproduksibilitas atau Kr = 0,915 sedangkan Koefisien Skalabilitas atau Ks = 0,835. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis STEM dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membuat program CNC.

Downloads

Published

2023-11-19

How to Cite

Elfahmi Dwi Kurniawan, Nopriyanti, N., Rudi Hermawan, & Putri Indah Yanti. (2023). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS STEM PADA MATERI CNC MILLING SIMULATOR . Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 10(2), 204–216. Retrieved from https://jptm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jptm/article/view/33