UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA KOMPETENSI MESIN KONVERSI ENERGI KELAS X SMK N 2 KAYU AGUNG

Authors

  • Nopriyanti Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jptm.v3i2.99

Keywords:

Pembelajaran kooperatif tipe NHT, Aktivitas belajar, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini berjudul upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada kompetensi mesin konversi energi kelas X SMKN 2 Kayuagung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi mesin konversi energi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan: perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Setiap satu siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X OTO 2 SMK Negeri 2 Kayuagung dapat ditingkatkan. Meningkatnya aktivitas belajar siswa terlihat dari peningkatan persentase dari setiap indikator yang diamati oleh observer. pada indikator pertama yaitu keaktifan siswa dalam memperhatikan guru aktivitas siswa pada siklus pertama sebesar 41%, siklus kedua meningkat menjadi sebesar 51% dan pada siklus ketiga meningkat lagi menjadi 67 %. Pada indikator kedua yaitu keaktifan siswa dalam diskusi aktivitas siswa pada siklus pertama sebesar 50%, pada siklus kedua meningkat menjadi 61% dan pada siklus ketiga meningkat menjadi 66%. Dengan adanya peningkatan aktifitas siswa, hasil belajar siswa juga ikut meningkat setelah diberi tindakan. Persentase ketuntasan belajar siswa dimulai dari siklus pertama sebesar 62,16 % dengan rata-rata nilai 73,30, pada siklus kedua sebesar 76,92 % dengan rata-rata nilai 77,97 dan pada siklus ketiga sebesar 89,74 % dengan rata-rata nilai sebesar 80,62. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).

References

Ali, M. 2008. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo

Abdurrahman, M. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara

_______, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Duniarti, E. 2010. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif NHT (Numbered Heads Together)) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Batik 1 Surakarta”Skripsi. Surakarta : Universitas Sebelas Maret. Di akses 15 Desember 2010.

Hamalik, O. 2001. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Jakarta: Sinar Baru Algensindo.

________, S. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Kusumah, W dan Dedi Dwitagama. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rineka Cipta.

Margono, S. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Ibrahim, dkk. 2010. Model-Model Pembelajaran Asesmen, Media, Dan RPP SD. Palembang : Universitas Sriwijaya.

Purwanto, M. 2004. Prinsip-prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Slavin, E.R. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Nusa Media.

Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Suhery, T. Dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Palembang : Universitas Sriwijaya. Sukardi. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Wahab, A. A. 2008. Metode dan Model-model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2016-11-06

How to Cite

Nopriyanti. (2016). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA KOMPETENSI MESIN KONVERSI ENERGI KELAS X SMK N 2 KAYU AGUNG. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 3(2), 146–157. https://doi.org/10.36706/jptm.v3i2.99

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.