PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN ENGINE STAND MODEL CUTTING-SECTION PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNSRI
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Engine Stand Cutting-Section, ValidAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran teknik sepeda motor menggunakan engine stand model cutting-section yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) model pengembangan produk Rowntree. Adapun Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran menggunakan engine stand model cutting-section dan subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan teknik mesin FKIP UNSRI. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, validasi ahli, prosedur penyusunan instrumen, dan penyusunan instrumen.Validasi ahli dilakukan untuk mengetahui kevalidan produk. Dari hasil dan pembahasan, evaluasi pada tahap expert review dan one-to-oneevaluation engine stand dinyatakan valid dari aspek content (isi materi) dan strategi pembelajaran dan dilakukan revisi sesuai dengan komentar dan saran dari ahli dan mahasiswa. Dari evaluasi tahap small groupdidapat rata-rata persentase sebesar 85% dan pada tahap field test didapat rata-rata persentase sebesar 87%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan engine stand model cutting-section pokok bahasan sistem pengapian dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran.
Referensi
Agung, Annerlie Putri. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Alat-Alat Sederhana Pada Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Gerak Melingkar Beraturan Di SMA Negeri 4 Ogan Komering Ulu. Tesis. Palembang. Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya.
Arikunto, Suharsimi. 1985. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung : Alfabeta
Sadiman, Arif, dkk. 2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sanaky, Hujair. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Safiria Insania Press
Sudjana, Nana. 2010 Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.