PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI SISTEM PENGISIAN BATERAI PADA MATA KULIAH TEKNIK KELISTRIKAN OTOMOTIF

Authors

  • Habibullah Khaidir Fath Fath Universitas Negeri Gorontalo
  • Muhammad Yasser Arafat Universitas Negeri Gorontalo
  • Esta Larosa Universitas Negeri Gorontalo
  • Sunardi Universitas Negeri Gorontalo
  • Hendra Uloli Universitas Negeri Gorontalo
  • Sugeng Pramudibyo Universitas Negeri Gorontalo
  • Hafid Rahmandan Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.36706/jptm.v12i1.94

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran Animasi, Penelitian dan Pengembangan (R&D)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran animasi pada materi sistem pengisian baterai dalam mata kuliah teknik kelistrikan otomotif guna meningkatkan efektivitas dan pemahaman peserta didik di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Gorontalo. Masalah yang diidentifikasi dalam pembelajaran konvensional mencakup keterbatasan modul dan video daring yang kurang interaktif serta ketergantungan pada koneksi internet. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Hasil validasi oleh ahli desain, ahli media, dan ahli materi menunjukkan bahwa media animasi yang dikembangkan sangat layak digunakan, dengan persentase kelayakan di atas 90%. Uji kepraktisan dan kemenarikan oleh mahasiswa menunjukkan hasil sangat praktis (92,58%) dan sangat menarik (91,42%). Hasil ini membuktikan bahwa media pembelajaran animasi dapat menjadi solusi inovatif dalam menjelaskan materi teknis secara visual, meningkatkan motivasi belajar, dan memudahkan pemahaman konsep sistem pengisian baterai. Oleh karena itu, pengembangan media ini penting untuk meningkatkan mutu pembelajaran teknik otomotif secara menyeluruh.

References

Ambaria, A., Nurmilawati, M., & Zunaidah, F. N. (2023). Analisis Validasi dan Kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pecahan pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Kecamatan Semen. Efektor, 10(2), 274–284.

Ariyani Raharjo, A. S., Rufi’i, R., & Hartono, H. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 7(2), 441–452. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2823

Ayu, D. N. M., Widyaningrum, H. K., & Hastuti, D. N. A. E. (2023). Media pembelajaran flipbook berbasis digital untuk keterampilan menulis narasi siswa kelas v sdn temenggungan 1. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 878–888.

Cahyaningsih, I., & Astuti, K. (2022). Hubungan Persepsi Supervisi Akademik dengan Kompetensi Pedagogik pada Guru Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Impresi Indonesia, 1(11). https://doi.org/10.58344/jii.v1i11.682

Cholifah, T. N. (2020). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Pengembangan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD, 6(02), 179–194.

Ermawati, E., Fatimah, F., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Pai Untuk Meningkatkan Minat Siswa SD Kelas IV. Journal of Instructional Technology, 2(2). https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.3914

Fitri, F., Lamada, M. S., & Zulhajji, Z. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Mit App Inventor di SMKN 2 Wajo. Jurnal MediaTIK, 4(1), 1. https://doi.org/10.26858/jmtik.v4i1.19720

Gultom, P., Salim, A., & Nuryadin, R. (2024). Systematic Literature Review: Pemanfaatan Virtual Reality (VR) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2), 72–80.

Kautsar, D. Al, Kriswantoro, K., Asrial, A., & Damris, D. (2025). Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Konvensional Dan E-Learning Berbasis Website Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 8(1), 35. https://doi.org/10.31602/dl.v8i1.18135

Kotimah, E. K. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Berupa Video Animasi Berbasis Powtoon Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.69688/jpip.v2i1.55

Kustiawan, U., Cholila, I., Rahman, A., Zakaria, M., Rahmalia, A., Sogen, A., & Wildayati, S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Pengetahuan Keanekaragaman Nusantara Siswa Kelas Kelas 4 SD Laboratorium UD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 663–675.

Kusuma, A. M., & Mahardi, P. (2021). Analisis deskriptif terhadap pengembangan media pembelajaran e-modul interaktif berbasis software aplikasi Lectora Inspire. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 7(2).

Meishinta, M., Farisma, S., Perdana, F. P., Munawwar, M. Z., & Apriani, F. (2023). Permainan Rujak-Rujak Sebagai Media Pembelajaran Konsep Perkalian Bilangan Bulat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 658–667. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1028

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Milala, H. F., Endryansyah, E., Joko, J., & Agung, A. I. (2021). Keefektifan Dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(02), 195–202. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n02.p195-202

Miranda, R. C., Setiadi, A. E., & Sunandar, A. (2022). Efektivitas Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 7(2). https://doi.org/10.23969/biosfer.v7i2.6396

Nelwan, C. K. (2020). Rancang bangun aplikasi pembelajaran interaktif untuk anak sekolah dasar kelas 1. Jurnal Teknik Informatika, 15(1).

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pendekatan Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1980).

Rahayu, T. P., William, N., & Wardhani, I. S. K. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Aplikasi Plotagon Pada Materi Wawancara Siswa Sekolah Dasar. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan, 10(1), 47–56. https://doi.org/10.35438/e.v10i1.635

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27.

Published

2025-05-15

How to Cite

Fath, H. K. F., Muhammad Yasser Arafat, Esta Larosa, Sunardi, Hendra Uloli, Sugeng Pramudibyo, & Hafid Rahmandan. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI SISTEM PENGISIAN BATERAI PADA MATA KULIAH TEKNIK KELISTRIKAN OTOMOTIF. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 12(1). https://doi.org/10.36706/jptm.v12i1.94

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.