PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATAKULIAH CAD/CAM

Penulis

  • Elfahmi Dwi Kurniawan Universitas Sriwijaya
  • Nopriyanti Universitas Sriwijaya
  • Imam Syofii Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jptm.v5i2.100

Kata Kunci:

Pengembangan, Modul Elektronik, Pendekatan Saintifik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik berbasis pendekatan saintifik yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah Riset dan Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan modul yang telah dikembangkan valid. Hal ini ditunjukkan oleh penilaian ahli materi kategori baik serta penilaian ahli media kategori sangat baik. Praktikalitas modul pada proses pembelajaran berlangsung dengan baik hal ini ditunjukkan pada tahap ujicoba one to one, small group dan field test pada kategori baik. Modul elektronik kedepannya bisa diujicobakan pada jumlah subjek uji coba yang lebih besar sehingga keterpakaian modul elektronik jauh lebih luas.

Referensi

Cece, W. (1992) Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Daryanto (2014) Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Databoks (2016) Jumlah Pengguna Smarphone di Indonesia 2016-2019. Available at: http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/08/pengguna-smartphone-di-indonesia-2016-2019 (Accessed: 23 April 2017).

Depdikbud (1995) Sikronisasi Program Pendidikan dan Pelatihan PSG Modul. Jakarta: Dikdasmen Dikmenjur.

Depdiknas (2010) Panduan Pengembangan Modul Elektronik. Jakarta: Departemen Pendidikna Nasional.

Firdaus, A. and Barnawi (2012) Profil Guru SMK Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Harsono (2006) ‘Kearifan dalam Transformasi Pembelajaran : Dari Teacher-Centered ke Student-Centered Learning’, Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia, I(1).

Harsono (2008) ‘Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi’, Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia, 3(1), pp. 4–8.

Kurniasih, I. and Sani, B. (2014) Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Kurniawan, E. D. (2015) ‘Permasalahan SMK Yang Baru Didirikan Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean’, in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Mesin FKIP Unsri. Palembang, pp. 80–87.

Kuswana, W. S. (2013) Filsafat Pendidikan Teknologi, Vokasi dan Kejuruan. Bandung: Alfabeta.

Lee and Owens (2004) Multimedia-based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions. 2nd edn. San Francisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.

Nurohman, S. (2011) ‘Modul elektronik berbahasa inggris Menggunakan addie-model sebagai alat bantu pembelajaran Berbasis student-centered learning Pada kelas bertaraf internasional’, in Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, pp. 85–95.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 49 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Tinggi (2014).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 81A tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum (2013).

Riyana, C. and Susilana, R. (2008) Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Soenarto (2015) ‘Reformasi Pendidikan Vokasi Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean’, in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Mesin FKIP Unsri. Palembang, pp. 3–8.

Sopiatin, P. (2010) Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bandung: Ghalia.

Suarsana, I. M. and Mahayukti, G. A. (2013) ‘Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah’, 2(2), pp. 264–275.

Sudjana, N. (2011) Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukardjo (2008) Buku Pegangan Kuliah Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY.

Sumarno (2015) ‘Transformasi Pendidikan Kejuruan Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean (apa, mengapa dan bagaimana)’, in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Mesin FKIP Unsri. Palembang, pp. 9–16.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.

Uno, H. B. and Mohamad, N. (2011) Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Wena, M. (2009) Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara

Diterbitkan

2018-11-08

Cara Mengutip

Elfahmi Dwi Kurniawan, Nopriyanti, & Imam Syofii. (2018). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATAKULIAH CAD/CAM. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 5(2), 185–194. https://doi.org/10.36706/jptm.v5i2.100

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.