PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS E-LEARNING DAN TANPA E-LEARNING- PADA MATAKULIAH TEKNOLOGI MEKANIK

Authors

  • Elfahmi Dwi Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.36706/jptm.v7i2.181

Keywords:

Pendekatan Saintifik, E-Learning

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa menggunakan pendekatan saintifik berbasis e-learning dan tanpa menggunakan e-learning pada mata kuliah Teknologi Mekanik. Penelitian bersifat quasi eksperimen dengan populasi Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FKIP Unsri angkatan 2016 yang terdiri dari 2 kelas yaitu 1) kelas Palembang berjumlah 18 mahasiswa dan 2) kelas Indralaya berjumlah 36 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data hasil belajar mahasiswa.  Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil belajar kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 62,94 sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata kelasnya 62.36. Berdasarkan analisis, didapatkan nilai signifikansi 0.606 > 0.05 maka hipotesis nol (H0) diterima, bahwa tidak ada perbedaan yang positif antara penerapan pendekatan saintifik berbasis E-Learning dengan pembelajaran pendekatan saintifik tanpa menggunakan e-learning pada matakuliah teknologi mekanik di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Unsri.

References

Amstead, B. H., & Dkk. (1995). Teknologi Mekanik Jilid 1. Edisi Ketujuh Versi S1. Erlangga.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. PT. Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava Media.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Harlin, & Nopriyanti. (2018). Pengembangan Materi Ajar Sistem Pemindah Tenaga Berbasis E-Learning. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 5(November), 195–201. https://doi.org/10.36706/jptm.v5i2.7407

Hartley, D. E. (2010). Selling E-learning. American Society for Training and Development.

Hernawati, K. (2011). E-Learning Adaptif Berbasis Karakteristik Peserta Didik. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 1–10. http://eprints.uny.ac.id/7174/1/PM-9 - Kuswari Hernawati.pdf

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kata Pena.

Naidu, S. O. M. (2006). A Guidebook of Principles, Procedures and Practices. CEMCA.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 49 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Tinggi, (2014).

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Siahaan, S. (2003). E-Learning (Pembelajaran Elektronik) sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 42(9).

Simonson, M., & Al, E. (1999). Theory and Distance Education: A New Discussion.

Soekartawi. (2003). E-learning di Indonesia dan Prospeknya di Masa Mendatang. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional E-learning Perlu Pengaruh E-learning untuk Meningkatkan Daya Matematik Mahasiswa E-Library’ di Universitas Kristen Petra Surabaya.

Sudjana, D. (2010). Manajemen Program Pendidikan: untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Falah Production.

Sudjana, N. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Tantri, N. R. (2018). Kehadiran Sosial Dalam Pembelajaran Daring Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 19(1), 19–30. https://doi.org/10.33830/ptjj.v19i1.310.2018

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Bumi Aksara.

Winarno, W., & Setiawan, J. (2013). Penerapan Sistem E-Learning pada Komunitas Pendidikan Sekolah Rumah (Home Schooling). Jurnal ULTIMA InfoSys, 4(1), 45–51. https://doi.org/10.31937/si.v4i1.241

Yaniawart, R. P. (2012). Pengaruh E-Learning untuk Meningkatkan Daya Matematik Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXI(3).

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Elfahmi Dwi Kurniawan. (2025). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS E-LEARNING DAN TANPA E-LEARNING- PADA MATAKULIAH TEKNOLOGI MEKANIK. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7(2), 99–108. https://doi.org/10.36706/jptm.v7i2.181

Most read articles by the same author(s)