HUBUNGAN ANTARA RANAH AFEKTIF SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGELASAN DI SMK N 1 INDRALAYA UTARA TAHUN 2013
Keywords:
Persentase, hubungan, ranah afektif, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase ketelitian, kejujuran, kerjasama, kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem pengelasan dan juga untuk mengetahui hubungan antara Ranah Afektif Siswa dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sistem Pengelasan di SMK N 1 Indralaya Utara Tahun 2013. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan inferensial. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR SMK N 1 Indralaya Utara sedangkan untuk sampelnya adalah kelas X TKR 3 dengan penentuan sampel menggunakan sampling purposive. Metode pengumpulan data berupa angket dan observasi. Dari analisis data diperoleh Persentase ranah afektif siswa sebesar 73.12 % dan dikategorikan cukup baik. Data ini diperoleh berdasarkan indikator sikap siswa yaitu ketelitian siswa sebesar 78.13 %, kejujuran siswa sebesar 72.5 %, kerjasama siswa sebesar 67.57 %, kedisiplinan siswa sebesar 79.44 %, dan tanggung jawab sebesar 68 % terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sistem pengelasan di SMK N 1 Indralaya Utara kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji t untuk melihat ada tidaknya hubungan antara ranah afektif siswa dengan hasil belajar. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa thitung =2.14 dan ttabel =2.03. dengan demikian thitung > ttabel maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara ranah afektif siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sistem pengelasan di SMK N 1 Indralaya Utara Tahun 2013
References
Abdurrahman, Mulyono.2003. pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Asdi Mahasatya
Aftama, Beben.2012. perbandingan hasil belajar dan keaktifan siswa antara penggunaan metode demonstrasi dengan metode ceramah pada mata pelajaran alat ukur. Di kelas x Tkr SMK YPS Prabumulih. skripsi. Indralaya Fkip Teknik Mesin Universitas Sriwijaya
Anisa. 2012. hubungan antara sikap siswa terhadap mata pelajaran akuntansi dengan hasil belajar siswa pada kelas X jurusan Akuntansi di SMK N 2 Lahat. Skripsi: Indralaya Fkip Ekonomi Universitas Sriwijaya
Arikunto, Suharsimi. 2009. dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
------------------------2006. prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Azwar, Saifudin.2012.sikap manusia teori dan pengukurannya. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Dalyono. 2005. Psikologi pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta
Daryanto.1999. Evaluasi pendidikan. Jakarta :Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta :Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2012. psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido
Hamzah, dkk. 2011. belajar dengan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Jakarta:Buni Aksara.
Limbong.http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23401/chapter%20II. Pdf diakses tanggal 13 juni 2013
Purwanto, Suharyadi. 2004. Statistika dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sadiman, dkk.2011. media pendidikan pengertian, pengembangan,dan pemanfaatannya. Jakarta:Rajawali Pers.
Sagala, Syaiful. 2010. konsep dan makna pembelajaran. Bandung:Alfabeta
Slameto. 2010. belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:Rineka cipta
Sudrajat, Akhmad. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/08/15/penilaian-ranah-afektif/ diakses tgl 5 april 2013
Sudijono, Anas. 2011. pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta:Rajawali Pers
Sudjana.1996. metoda statistika.Bandung: Tarsito bandung
Sugiyono. 2012. metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhartini, Siti. 2002. Sikap siswa terhadap kebiasaan belajar pada siswa SMU Negeri 1 Belitang..skripsi:Indralaya Fkip pancasila dan kewarganegaraan Universitas Sriwijaya
Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi pendidikan.Jakarta:Raja Grafindo Persada
Trianto. 2009. mendesain model pembelajaran inovatif- progresif. Jakarta:Kencana Prenada Media Group
Wagiran .2006. hubungan antara sikap siswa terhadap informasi bimbingan belajar terhadap informasi bimbingan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas 11 SLTPN 31. Skripsi:Indralaya Fkip bimbingan dan konseling Universitas Sriwijaya
Warianto,Chaidar.http://skp.unair.ac.id/repository/Guru-Indonesia/DomainAfektif_ChaidarWarianto_19.pdf di akses tgl 4 maret 2013
Zelani, Akh. http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=hubungan sikap praktik terhadap hasil belajar siswa&source=web&cd=1&cad=rja&ved=0CDIQFjAA&url=h diakses pada 12 februari 2013
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.