HUBUNGAN ANTARA RANAH AFEKTIF SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGELASAN DI SMK N 1 INDRALAYA UTARA TAHUN 2013

Authors

  • Eka Ermayasari Universitas Sriwijaya
  • Harlin Universitas Sriwijaya
  • Farhan Yadi Universitas Sriwijaya

Keywords:

Persentase, hubungan, ranah afektif, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase ketelitian, kejujuran, kerjasama, kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem pengelasan dan juga untuk mengetahui hubungan antara Ranah Afektif Siswa dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sistem Pengelasan di SMK N 1 Indralaya Utara Tahun 2013. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan inferensial. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR SMK N 1 Indralaya Utara sedangkan untuk sampelnya adalah kelas X TKR 3 dengan penentuan sampel menggunakan sampling purposive. Metode pengumpulan data berupa angket dan observasi. Dari analisis data diperoleh Persentase ranah afektif siswa sebesar 73.12 % dan dikategorikan cukup baik. Data ini diperoleh berdasarkan indikator sikap siswa yaitu ketelitian siswa sebesar 78.13 %, kejujuran siswa sebesar 72.5 %, kerjasama siswa sebesar 67.57 %, kedisiplinan siswa sebesar 79.44 %, dan tanggung jawab sebesar 68 % terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sistem pengelasan di SMK N 1 Indralaya Utara kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji t untuk melihat ada tidaknya hubungan antara ranah afektif siswa dengan hasil belajar. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa thitung =2.14 dan ttabel =2.03. dengan demikian thitung > ttabel maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara ranah afektif siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sistem pengelasan di SMK N 1 Indralaya Utara Tahun 2013

References

Abdurrahman, Mulyono.2003. pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Asdi Mahasatya

Aftama, Beben.2012. perbandingan hasil belajar dan keaktifan siswa antara penggunaan metode demonstrasi dengan metode ceramah pada mata pelajaran alat ukur. Di kelas x Tkr SMK YPS Prabumulih. skripsi. Indralaya Fkip Teknik Mesin Universitas Sriwijaya

Anisa. 2012. hubungan antara sikap siswa terhadap mata pelajaran akuntansi dengan hasil belajar siswa pada kelas X jurusan Akuntansi di SMK N 2 Lahat. Skripsi: Indralaya Fkip Ekonomi Universitas Sriwijaya

Arikunto, Suharsimi. 2009. dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

------------------------2006. prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Azwar, Saifudin.2012.sikap manusia teori dan pengukurannya. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Dalyono. 2005. Psikologi pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta

Daryanto.1999. Evaluasi pendidikan. Jakarta :Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta :Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2012. psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido

Hamzah, dkk. 2011. belajar dengan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Jakarta:Buni Aksara.

Limbong.http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23401/chapter%20II. Pdf diakses tanggal 13 juni 2013

Purwanto, Suharyadi. 2004. Statistika dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sadiman, dkk.2011. media pendidikan pengertian, pengembangan,dan pemanfaatannya. Jakarta:Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful. 2010. konsep dan makna pembelajaran. Bandung:Alfabeta

Slameto. 2010. belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:Rineka cipta

Sudrajat, Akhmad. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/08/15/penilaian-ranah-afektif/ diakses tgl 5 april 2013

Sudijono, Anas. 2011. pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta:Rajawali Pers

Sudjana.1996. metoda statistika.Bandung: Tarsito bandung

Sugiyono. 2012. metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhartini, Siti. 2002. Sikap siswa terhadap kebiasaan belajar pada siswa SMU Negeri 1 Belitang..skripsi:Indralaya Fkip pancasila dan kewarganegaraan Universitas Sriwijaya

Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi pendidikan.Jakarta:Raja Grafindo Persada

Trianto. 2009. mendesain model pembelajaran inovatif- progresif. Jakarta:Kencana Prenada Media Group

Wagiran .2006. hubungan antara sikap siswa terhadap informasi bimbingan belajar terhadap informasi bimbingan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas 11 SLTPN 31. Skripsi:Indralaya Fkip bimbingan dan konseling Universitas Sriwijaya

Warianto,Chaidar.http://skp.unair.ac.id/repository/Guru-Indonesia/DomainAfektif_ChaidarWarianto_19.pdf di akses tgl 4 maret 2013

Zelani, Akh. http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=hubungan sikap praktik terhadap hasil belajar siswa&source=web&cd=1&cad=rja&ved=0CDIQFjAA&url=h diakses pada 12 februari 2013

Downloads

Published

2025-07-18

How to Cite

Eka Ermayasari, Harlin, & Farhan Yadi. (2025). HUBUNGAN ANTARA RANAH AFEKTIF SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGELASAN DI SMK N 1 INDRALAYA UTARA TAHUN 2013. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(2), 116–130. Retrieved from https://jptm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jptm/article/view/115

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.