ANALISIS TINGKAT KESUKARAN, DAYA PEMBEDA DAN FUNGSI DISTRAKTOR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN PRODUKTIF DI SMK NEGERI 1 INDRALAYA UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • Abet Yani Universitas Sriwijaya
  • Ali Fikri Asri Universitas Sriwijaya
  • Ahmad Burhan Universitas Sriwijaya

Keywords:

tingkat kesukaran, daya pembeda, fungsi distraktor, soal ujian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaran, daya
pembeda dan fungsi distraktor soal ujian semester ganjil mata pelajaran produktif di SMK Negeri 1 Indralaya Utara tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Sumber data berupa soal ujian, kunci jawaban dan seluruh lembar jawaban siswa pada ujian semester ganjil mata pelajaran proses-proses mesin konversi energi SMK Negeri 1 Indralaya Utara tahun pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk tingkat kesukaran didapatkan 2 soal (6,7%) mudah, 21 soal
(70%) sedang dan 7 soal (23,3%) sukar. Hasil analisis daya pembeda soal didapatkan bahwa 5 soal (16,7%) jelek, 6 soal (20%) cukup, 18 soal (60%) baik dan 1 soal (3,3%) negatif/tidak baik. Hasil analisis fungsi distraktor menunjukkan bahwa dari 120 distraktor, ada 77 distraktor (64,2%) yang telah berfungsi dengan baik dan 43 distraktor
(35,8%) yang tidak berfungsi dengan baik. Secara keseluruhan soal ujian semester ganjil
mata pelajaran proses-proses mesin konversi energi di SMKN 1 Indralaya Utara tahun
pelajaran 2012/2013 dikategorikan sebagai soal yang baik, sebab memiliki persentase
tingkat kesukaran terbesar pada kategori soal sedang yaitu sebanyak 21 soal (70%),
persentase daya pembeda terbesar pada kategori baik yaitu sebanyak 18 soal (60%) serta lebih banyak distraktor yang telah berfungsi dengan baik yaitu sebanyak 77 distraktor
(64,2%).

References

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendiknas. 2010. “Materi Bimbingan Teknis KTSP dan Soal Terstandar 2010: Panduan Analisis Butir Soal”. http://smp3bonang.files.wordpress.c

om/2010/08/panduanpenulisan-butir-soal.pdf. Diakses tanggal 1 Januari 2014.

Maryani, Nani. 2009. “Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Ujian Semester Ganjil Kimia Tahun Akademik 2008-2009 di SMA Negeri 3 Prabumulih”. Skripsi. Indralaya: FKIP Universitas Sriwijaya.

Ramadhani, D.R., 2013. “Studi Analisis Butir-Butir Soal Objektif Berbentuk Multiple Choice Mata Pelajaran PAI dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Petarukan Tahun 2011/2012”. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/933. Diakses tanggal 23 Desember 2013.

Rohidin. tanpa tahun. Proses-Proses Mesin Konversi Energi. Bogor: CV Bina Pustaka.

Sofiana, Siskha. 2010. “Analisis Butir Soal Ulangan Kenaikan Kelas Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010”. http://eprints.uns.ac.id/3476/1173322312201007321.pdf. Diakses tanggal 11 Desember 2013.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Sunyoto, Karnowo, dan S.M.B. Respati. 2008. “Teknik Mesin Industri Jilid 1 untuk SMK”. http://pustakapendidik.uad.ac.id/bse/fullpage/101-Teknik-Mesin-Industri-Jilid-1.pdf. Diakses tanggal 12 Maret 2014.

Thoha, M. Chabib. 2001. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Published

2025-07-18

How to Cite

Abet Yani, Ali Fikri Asri, & Ahmad Burhan. (2025). ANALISIS TINGKAT KESUKARAN, DAYA PEMBEDA DAN FUNGSI DISTRAKTOR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN PRODUKTIF DI SMK NEGERI 1 INDRALAYA UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(2), 98–115. Retrieved from https://jptm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jptm/article/view/111

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.