ANALISIS GAYA PADA REM CAKRAM (DISK BRAKE) PADA KENDARAAN RODA DUA (HONDA BEAT SPORTY 2017)
DOI:
https://doi.org/10.36706/jptm.v8i2.228Keywords:
Rem, Rem Cakram, Kendaraan Roda duaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besaran gaya yang terjadi pada rem cakram khususnya roda dua, yang bertujuan bagi para pengendara agar lebih mengetahui ketika berkendara. Karena salah satu kasus kematian yang terjadi di Indonesia yaitu karena kecelakaan lalu lintas, moda tranportasi yang banyak mengalami kecelakaan adalah sepeda motor, kejadian tersebut sebagai indikasi bahwa sepeda motor merupakan penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas dan penyumbang korban terbanyak. Maka dari itu pengendara harus mengetahui serta memahami betul bagaimana cara nya berkendara, serta mengetahui batas kepecepatan yang ditempuh pada saat melakukan pengereman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental, yang dilakukan secara langsung untuk pengambilan data. Dalam analisis perhitungan dengan data spesifik ; berat kendaraan 93 kg, berat 2 penumpang 130 kg, Kecepatan awal motor (vo) 80 km/jam sampai Kecepatan akhir motor (vt) 0 km/jam, Jarak pengereman sampai berhenti (s) 50 m, Koefisien gesek pada asbes (μ) 0,31, Diameter kaliper rem (Dkaliper) 32 mm, Perlambatan pada titik kunci sinkron (α’) 0,6 g. Dari data yang ada dapat dilakukan perhitungan agar mendapatkan ; Gaya pada tuas rem (F) 30 N, Diameter Master Rem (Dmaster) 7,5 mm, Gaya pengereman pada daya maksimal (F) 85,3 N, Waktu pengereman (t) 9 detik, Tekanan minyak (Pw) 0,262 N/mm , Momen rem 11,52 N.m, Beban Dinamis (WbD) 549,7 N, Faktor efektivitas rem (FER) 0,31, Energi kinetis (Ek) 5.505,07 kg.m, Perlambatan dalam keadaan darurat (α) 5,88 m/s2, Waktu rem sesungguhnya (te) 3,78 detik, Luas lapisan (ALD) 1.475,895 mm2, Kapasitas energi lapisan (KLD) 0,19 kg.m/(mm2.s), Kapasitas rem 1,81 N.m/(mm2.s). Jika semua sudah diketahui dan dipahami oleh pengendara maka pengendara akan lebih tau kapasitas yang aman dalam berkendara
References
Nieman Winter G.H., ‘ Elemen Mesin” , Jilid II edisi yang direvisi, Erlangga, Jakarta, 1992.
Sularso dan Kiyokatsu Suga, “ Dasar Perencanaan Elemen Mesin”, PT Pradya Paramita,
Jakarta, 1985
https://indomoto.com/10495/new-honda-beat-esp-resmi-meluncur-tersedia. -
diakses 19/07/2021 - 21:50
https://www.kanalpengetahuan.com/pengertian-rem-dan-fungsinya. - diakses 22/07/2021 - 21:52
https://www.otomotifer.com/komponen-rem-cakram-pengertian-fungsi-dan-cara-kerja. - diakses 22/07/2021 - 21:52
https://www.motorplus-online.com/read/251989911/bikin-melongo-populasi-honda-beat-di-indonesia-lebih-banyak-dibanding-jumlah-warga-di-dki-jakarta-simak-faktanya - diakses 22/09/2021 - 21:54
https://www.top1.co.id/berita/detail/Sistem-Kerja-Rem-Sepeda-Motor:-Pengertian-Jenis-dan-Cara-Merawatnya - diakses 22/09/2021 - 22:01
https://www.suara.com/otomotif/2019/07/02/185512/penting-untuk-keselamatan-begini-cara-merawat-rem-cakram?page=all – diakses 22/09/2021 - 22:27
https://repository.unsri.ac.id/694/3/RAMA_22201_03011181520001_0030106009_02.pdf - diakses 22/09/2021 - 22:39
http://e-journal.uajy.ac.id/9331/3/2TS13972.pdf - diakses 22/09/2021 - 22:39
https://www.otosia.com/berita/8-hal-penting-yang-harus-diperhatikan-pada-sistem-rem-sepeda-motor.html - diakses 22/09/2021 - 22:42
https://www.bps.go.id/indicator/17/57/1/jumlah-kendaraan-bermotor.html - diakses 22/09/2021 - 22:48
Sayid K, Agus D , Pandri P, 2015, “ANALISIS KEAUSAN DAN WAKTU PENGEREMAN KAMPAS CAKRAM ASBESTOS DAN NON ASBESTOS DENGAN VARIASI BEBAN PENGEREMAN DAN BERAT PENGENDARA PADA SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125 CC” Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Mataram.
Jumadil R , Drs. Hasan M, M.T , Drs. Daswarman, M.Pd, 2014, Pengaruh Massa Piringan Rem Cakram Terhadap Jarak Pengereman Pada Sepeda Motor Honda Supra X ,Jurusan Teknik Otomotif FT UNP.
Oktavianus L, Noorce C , Anna H, 2019, Faktor yang Berhubungan dengan Kecelakaan Lalu Lintas Pengemudi Sepeda Motor di Sumba Barat Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM, Universitas Nusa Cendana.
Adhita P , Fitra R, 2020, EVALUATION OF DISC BRAKE ON A HONDA VARIO 150 ESP K59 MOTORCYCLE, Mechanical Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Widyatama University, Bandung, West Java, Indonesia.
Shivam M, Nihar P, Kiran V, Aditi P, 2021, Design and Analysis of Motorcycle Disk Brake, Mechanical Engineering, Viva Institute of Technology /Mumbai University, India.
ALAN SURYAATMAJA, 2016, Analisa Sistem Pengereman CBS (Combi Brake System) Pada Motor Honda Beat 110 eSP CBS ISS Dengan Kondisi Jalan Datar dan Menurun, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.