ANALISIS PERANCANGAN SASIS PADA GOKART DENGAN PENGERAK MOTOR BENSIN MANUAL 4 LANGKAH

Authors

  • Aklis Pursadi Universitas Sriwijaya
  • Imam Syofi’i Universitas Sriwijaya
  • Zulherman Zulherman Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jptm.v4i1.202

Keywords:

Perancangan kekuatan sasis, sudut belok, titik berat kendaraan, gaya traksi kendaraan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan dasar yang cocok dalam pembuatan
sasis serta beban yang dapat di tahan oleh sasis gokart yang akan dibuat. Bahan yang digunakan
untuk membuat sasis berupa besi petak ST37 yang disambungkan dengan menggunakan las-an
sehingga membentuk sasis yang utuh. Penelitian ini dilakukan dengan cara membuat sasis gokart
terlebih dahulu dan seterusnya melakukan perhitungan pada bagian sasis yang telah dibuat.
Perhitunag sasis terdiri dari perhitungan sambuangan las, gaya traksi dari kendaraan gokart, titik
berat kendaraan, dan beban maksimum kendaraan. Perhituang dari sasis didapatkan dari datadata yang diambil dari pengukuran panjang sasis, lebar kendaraan, beban sasis, beban bagian
belakang sasis, beban bagian depan sasis, serta tinggi dari kendaraan. Perhitungan kekuatan sasis
menunjukan bahwa sasis dapat menerima bebean sebesar 100 kilogram, dan dapat melaju pada
kecepatan 40 Km/Jam. Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kendaraan gokart
yang dibuat cocok mengunakan besi petak ST37. Sehingga sasis dapat menopang beban 100
kilogram dan dapat digunakan pada jalan raya maupun jalan pedesaan karena memiliki
komponen pendukung seperti suspensi yang dapat mengurangi daya getaran pada kendaraan.

References

Achmad Zainun. (1999). Elemen Mesin I. PT.

Refika Ditama: Bandung

Amstead B.H. dkk. (1985). Teknologi Mekanik

Jilid I. Jakarta: Erlangga

Djamiki Riswan Dwi. (2008). Teori

Pengelasan Logam. Yogya : UNY

Dienter, G.E. (1983). Engineering design A

materials and processing approach.

Tokyo: McGraw-Hill

International Book Company.

Gere Jemes M. (2000). Mekanika Bahan Jilid

Jakarta : Erlangga

Gunadi. (2008).Teknik Bodi Otomotif Jilid I.

Jakarta:Direktorat Pembinaan Sekolah

Menengah Kejuruan

Irawan Agustinus. (2007). Diktat Mekanika

Teknik Statika Struktur. Jakarta :

Jurusan Teknik Mesin Fakultas

Teknik Universitas Tarumanagara

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor :

/PRT/M/2011. Tentang Persyaratan

Teknis Jalan Dan Criteria

Perencanaan Teknis Jalan

Popov E.P. (1996). Mekanika Teknik. Jakarta :

Erlangga

S.wilogo Sugeng (1982). Teknologi mekanik

jilid 1. Yogya:U.P. Indonesia

Sf.Herminarto dan Gunadi. (2004). Modul

Perkembang Bodi Kendaraan. Yogya

: Fakustas Teknik UNY

Stolk Jac dan Kros C. (1994). Elemen-mesin.

Jakarta : Erlangga

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian

Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sularso dkk. (1997). Dasar Perencanaan dan

Pemilihan Elemen Mesin. PT.

Pradnya Paramita: Jakarta.

Thomas D. Gillispie. (1994). Fundamentals of

Vehicle Dynamic. Society of

Otomotif Engineers Inc.

Warrendale.

Tim Dosen. (2010). Diktat Elemen Mesin I.

Surabaya

Wirawan Yudhi. (2015). Modul Mekanika

Gerak Kendaraan. Indralaya :

Pendidikan Teknik Mesin FKIP

UNSRI

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Aklis Pursadi, Imam Syofi’i, & Zulherman Zulherman. (2025). ANALISIS PERANCANGAN SASIS PADA GOKART DENGAN PENGERAK MOTOR BENSIN MANUAL 4 LANGKAH. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 4(1), 9–18. https://doi.org/10.36706/jptm.v4i1.202

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.