ANALISIS PERANCANGAN SASIS PADA GOKART DENGAN PENGERAK MOTOR BENSIN MANUAL 4 LANGKAH
DOI:
https://doi.org/10.36706/jptm.v4i1.202Keywords:
Perancangan kekuatan sasis, sudut belok, titik berat kendaraan, gaya traksi kendaraan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan dasar yang cocok dalam pembuatan
sasis serta beban yang dapat di tahan oleh sasis gokart yang akan dibuat. Bahan yang digunakan
untuk membuat sasis berupa besi petak ST37 yang disambungkan dengan menggunakan las-an
sehingga membentuk sasis yang utuh. Penelitian ini dilakukan dengan cara membuat sasis gokart
terlebih dahulu dan seterusnya melakukan perhitungan pada bagian sasis yang telah dibuat.
Perhitunag sasis terdiri dari perhitungan sambuangan las, gaya traksi dari kendaraan gokart, titik
berat kendaraan, dan beban maksimum kendaraan. Perhituang dari sasis didapatkan dari datadata yang diambil dari pengukuran panjang sasis, lebar kendaraan, beban sasis, beban bagian
belakang sasis, beban bagian depan sasis, serta tinggi dari kendaraan. Perhitungan kekuatan sasis
menunjukan bahwa sasis dapat menerima bebean sebesar 100 kilogram, dan dapat melaju pada
kecepatan 40 Km/Jam. Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kendaraan gokart
yang dibuat cocok mengunakan besi petak ST37. Sehingga sasis dapat menopang beban 100
kilogram dan dapat digunakan pada jalan raya maupun jalan pedesaan karena memiliki
komponen pendukung seperti suspensi yang dapat mengurangi daya getaran pada kendaraan.
References
Achmad Zainun. (1999). Elemen Mesin I. PT.
Refika Ditama: Bandung
Amstead B.H. dkk. (1985). Teknologi Mekanik
Jilid I. Jakarta: Erlangga
Djamiki Riswan Dwi. (2008). Teori
Pengelasan Logam. Yogya : UNY
Dienter, G.E. (1983). Engineering design A
materials and processing approach.
Tokyo: McGraw-Hill
International Book Company.
Gere Jemes M. (2000). Mekanika Bahan Jilid
Jakarta : Erlangga
Gunadi. (2008).Teknik Bodi Otomotif Jilid I.
Jakarta:Direktorat Pembinaan Sekolah
Menengah Kejuruan
Irawan Agustinus. (2007). Diktat Mekanika
Teknik Statika Struktur. Jakarta :
Jurusan Teknik Mesin Fakultas
Teknik Universitas Tarumanagara
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor :
/PRT/M/2011. Tentang Persyaratan
Teknis Jalan Dan Criteria
Perencanaan Teknis Jalan
Popov E.P. (1996). Mekanika Teknik. Jakarta :
Erlangga
S.wilogo Sugeng (1982). Teknologi mekanik
jilid 1. Yogya:U.P. Indonesia
Sf.Herminarto dan Gunadi. (2004). Modul
Perkembang Bodi Kendaraan. Yogya
: Fakustas Teknik UNY
Stolk Jac dan Kros C. (1994). Elemen-mesin.
Jakarta : Erlangga
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian
Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sularso dkk. (1997). Dasar Perencanaan dan
Pemilihan Elemen Mesin. PT.
Pradnya Paramita: Jakarta.
Thomas D. Gillispie. (1994). Fundamentals of
Vehicle Dynamic. Society of
Otomotif Engineers Inc.
Warrendale.
Tim Dosen. (2010). Diktat Elemen Mesin I.
Surabaya
Wirawan Yudhi. (2015). Modul Mekanika
Gerak Kendaraan. Indralaya :
Pendidikan Teknik Mesin FKIP
UNSRI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.