STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN BAHAN BAKAR PERTALITE, PERTAMAX DAN PERTAMAX TURBO TERHADAP HASIL EMISI GAS BUANG PADA MOTOR YAMAHA R15 ALL NEW 2017

Authors

  • Budiyono

DOI:

https://doi.org/10.36706/jptm.v7i2.187

Keywords:

Bahan Bakar, Emisi Gas Buang, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo

Abstract

Pertumbuhan kendaraan di Indonesia menyebabkan pencemaran udara akibat emisi gas buang kendaraan. Untuk mengurangi kandungan emisi gas buang kendaraan (HC dan CO). Salah satu upaya yang dilakukan dengan proses pembakaran sempurna adalah penggunaan berbagai jenis bahan bakar. Berdasarkan gejala-gejala tersebut, maka Tujuan pengujian mesin bagaimana membandingkan penggunaan berbagai jenis bahan bakar dengan emisi gas buang sepeda motor 4 tak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sepeda motor Yamaha R15 ALL NEW 2017 dengan metode penelitian eksperimental menggunakan bahan bakar, Pertalite, dan Pertamax, Pertamax Turbo sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan berbagai jenis bahan bakar pada motor Yamaha R15 ALL NEW 2017 yang menggunakan bahan bakar Petalite menghasilkan rata-rata CO dan HC untuk setiap putaran rate sebesar 1,851% dan 428 Ppm setelah dilakukan perawatan penggantian bahan bakar Pertamax dan Pertamax Turbo. di luar. Diketahui bahwa rata-rata CO yang dihasilkan oleh masing-masing bahan bakar uji untuk setiap laju putaran adalah 3,9%, 12,3%, 52% (%), 4,4% dan rata-rata HC yang dihasilkan oleh setiap bahan bakar uji. setiap revolusi adalah 192,5 Ppm, 81 Ppm, 321 Ppm, dan 74 Ppm. Berdasarkan analisis data karbon monoksida dan hidrokarbon pada sepeda motor Yamaha R15 All New 2017 dapat disimpulkan bahwa bahan bakar uji terbaik adalah bahan bakar Pertamax Turbo, karena terjadi penurunan CO dan HC pada setiap putaran mesin.

References

Budiyono. (2020a). Pengaruh Catalytic Converter Dari Bahan Kuningan Dengan Ketebalan 0,3 mm Terhadap Emisi Gas Buang Kendaraan Pada Motor Honda Supra 2015. Jurnal Teknik Mesin, 13(1), 1–5.

Budiyono. (2020b). Pengaruh kerenggangan celah dan pemilihan jenis busi pada mobil Xenia 1 . 0 terhadap gas buang. TEKNIKA: JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI, 16(01), 121–126.

Budiyono, A. E. M. (2018). Perbandingan Busi Standar Dengan Busi Platinum Pada Sepeda Motor Honda Cb 150 Terhadap Power Dan Konsumsi Baha Bakar. Surya Teknika, 3(1), 1–5.

Dian Virmandi. R, I. W. S. (2018). Terhadap Kinerja Mesin Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Honda All New Cbr 150 Cc Tahun 2016. JPTM., 7(1), 1–10.

Luthfi, M., Ahmad, D., Setiyo, M., & Munahar, S. (2018). Uji Komposisi Bahan Bakar dan Emisi Pembakaran Pertalite dan Premium. Jakarta: Jurnal Teknologi Universitas Muhammadiyah Jakarta, 10(1), 67–72. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24853/jurtek.10.1.67-72

Pasaribu, S. (2017). Pengaruh Variasi Celah Busi Dan Jenis Busi Terhadap Emisi Gas Buang Pada Kendaraan Roda Dua 110Cc. Integritas, 3(1).

Rachmadhi, S. (2017). Pengaruh Jarak Kerenggan Celah Elektroda Busi Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Tak. Jurnal Teknik Mesin Unp, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sriyanto, O. (2018). Pengaruh tipe busi terhadap emisi gas buang sepeda motor. Automotive Experiences, 1(03), 64–69.

Syaief, A. N., Adriana, M., & Hidayat, A. (2019). Uji Emisi Gas Buang Dengan Perbandingan Jenis Busi Pada Sepeda Motor 108 Cc. Elemen : Jurnal Teknik Mesin, 6(1), 01. https://doi.org/10.34128/je.v6i1.82

Tri Cahyono, Akhmad Farid, N. F. (n.d.). Pengaruh jarak celah katup terhadap unjuk kerja motor bakar injeksi. Widya Teknika, 23(1), 48–52.

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Budiyono. (2025). STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN BAHAN BAKAR PERTALITE, PERTAMAX DAN PERTAMAX TURBO TERHADAP HASIL EMISI GAS BUANG PADA MOTOR YAMAHA R15 ALL NEW 2017. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7(2), 136–143. https://doi.org/10.36706/jptm.v7i2.187

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.