ANALISA KARAKTERISTIK TRAKSI DAN EFISIENSI TRANSMISI PADA MOBIL TAWON 664 CC
DOI:
https://doi.org/10.36706/jptm.v8i1.221Keywords:
Karakteristik Traksi, Dynotest, Transmisi, Mobil Tawon 664 cc.Abstract
Traksi merupakan gaya gesek maksimum yang bisa dihasilkan antara dua permukaan tanpa mengalami slip atau gaya tangensial yang ditransmisikan secara melintang terhadap dua permukaan melalui gesekan atau lapisan fluida yang menghasilkan gerakan, memberhentikan laju, atau mentransmisikan daya. Skripsi ini mempelajari tentang karakteristik traksi berdasarkan pertimbangan efisiensi transmisi yang dihasilkan oleh mobil tawon. dalam penelitian ini penulis melakukan tiga tahapan pengujian. Tahapan pertama adalah melakukan pengujian menggunakan dynotest untuk mengetahui daya aktual serta efisiensi transmisi, tahap kedua melakukan perhitungan sehingga didapat grafik karakteristik traksi kendaraan. Selanjutnya tahap ketiga dilakukan analisa dari hasil grafik karakteristik yang telah didapat sehingga didapatkan kesimpulan. Dari hasil pengujian serta perhitungan diperoleh grafik karakteristik traksi dan efisiensi transmisi, pengujian dynotest menunjukan nilai efisiensi transmisi pada tingkat gigi 1, 2, 3, dan 4 berturut-turut sebesar 97,5 %, 75,8 %, 77,2 % dan 77,9 %. Nilai gaya dorong maksimal pada gigi 1, ,2 ,3 dan 4 berturut-turut sebesar 2,049 kN, 1,047 kN, 0,592 kN, dan 0,385 kN. Setelah dilakukan analisa terdapat loses traksi yang cukup besar pada tingkat gigi 1 menuju gigi 2 sebesar 1,313 kN, pada tingkat gigi 2 menuju gigi 3 sebesar 0,661 kN, dan pada tingkat gigi 3 menuju gigi 4 sebesar 0,209 kN
References
Asisten Laboratorium Prestasi Mesin. 2020. Modul Praktikum Konversi Energi. FT Untirta
Cilegon
Taborek, Jaroslav J. (1957).Mechanics of Vehicles. Penton Publishing Co., Ohio.
Nazaruddin, Syafri, Kapsul Anuar, Ahmad Awaluddin. (2018). Analisa kinerja sistem
transmisi pada mobil hemat energi tipe hybrid. Laboratorium Hidrolik &
Pneumatik. Jurusan Teknik Mesin. Universitas Riau.
Sutantra, I. Nyoman., Sampurno,& Bambang. (2010). Teknologi otomotif edisi kedua.
Institut Teknologi Sepuluh November. Guna Widya.
Nico Yudha Wardhana & I Nyoman Sutantra. (2016). Analisa karakteristik traksi
serta redesign rasio transmisi mobil toyota fortuner 4.0 V6 Sr (At 4x4). Jurnal
Teknik ITS. Vol. 5, No.2.
Rafi Rasyad & I Nyoman Sutantra. (2019). Analisis dan studi eksperimen
Perbandingan transmisi manual dengan transmisi cvt pada mobil honda jazz
berdasarkan karakteristik traksi dan efisiensi transmisi. Jurnal Teknik
ITS. Vol. 8, No. 1.
Nursaid Eko Wibowo & I Nyoman Sutantra. (2015). Peningkatan karakteristik traksi
pada mobil formula sapuangin speed 3. Jurnal Teknik ITS. Vol.4. No.1.
Muhamad Johan Putra Prasetya & I Nyoman Sutantra. (2017). Analisis kinerja traksi
dan redesign rasio transmisi pada panser ANOA APC 3 6x6. Jurnal Teknik
ITS. Vol. 6, No. 1.
Rachma Dwi Mahmuddah & I Nyoman Sutantra. (2019). Analisis perbandingan dan
Studi eksperimen karakteristik traksi transmisi manual dengan transmisi
Otomatis pada mobil Suzuki all new ertiga 2018. Jurnal Teknik ITS. Vol. 8.
No. 1.
I Dewa Gede Ari Suwira Putra, I.G.B Wijaya Kusuma, & Anak Agung Adhi. (2016).
Unjuk kerja mobil bertransmisi manual menggunakan bahan bakar liquefied
Gas for vehicle (LGV). Jurnal METTK. Volume 2. No.2.
Jing Li, Chang-Chun Li, & Jing Huang. (2016). Transmission efficiency analysis and
Experiment research of gear box. Advances in Engineering Research (AER),
Volume 105. Annual International Conference on Mechanical Engieering
(MME 2016).
Soedirman Redjoso. (2017). Cara kerja sistem transmisi manual kendaraan 4 speed.
October 6, 2017. Cara Kerja Transmisi Manual. https://www.intheredwinebar
.com/?s=cara+kerja+transmisi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.