HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMBACA JOBSHEET DENGAN KETERAMPILAN PRAKTIK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • Pramadya Rumintari Universitas Sriwijaya
  • Harlin Universitas Sriwijaya
  • M. Amri Santosa Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jptm.v1i1.167

Keywords:

Pemahaman siswa dalam membaca jobsheet, keterampilan praktik siswa, jobsheet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar nilai hubungan (korelasi) dan ada tidaknya hubungan antara pemahaman siswa dalam membaca jobsheet dengan keterampilan praktik siswa di kelas XI TKR SMK N 1 Indralaya Utara Tahun 2013. Pada kompetensi memelihara/servis unit kopling dan komponen-komponen pengoperasiannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif inferensial. Pada penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas XI TKR SMK N 1 Indralaya Utara yang berjumlah 93 siswa, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas XI TKR 2 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan tipe purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui teknik tes (post test) dan observasi. Data yang diambil adalah hasil post test siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam membaca jobsheet dan hasil observasi kegiatan praktik untuk mengetahui tingkat keterampilan praktik siswa. Dari analisis data menggunakan korelasi product moment dan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% serta dk(n-2) = 27, dapat disimpulkan bahwa nilai korelasi (rxy) sebesar 0,538 dan hasil analisis uji hipotesis (thitung) sebesar 3,931, nilai 3,931 diperoleh dari uji signifikansi dengan uji t (thitung>ttabel), dimana ttabel = 2,052 sehingga 3,931 > 2,052. Hal ini menunjukkan bahwa antara variabel X dan variabel Y memiliki hubungan. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa ada hubungan antara pemahaman siswa dalam membaca jobsheet dengan keterampilan praktik siswa di kelas XI TKR SMK N 1 Indralaya Utara. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar jobsheet selalu dimanfaatkan dalam setiap kegiatan praktik siswa, jobsheet yang baik adalah jobsheet yang menggunakan bahasa dan gambar yang jelas agar mudah dipahami oleh siswa sehingga keterampilan praktik siswa dapat tercapai.

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung : PT. Refika Aditama.

Adnyawati, Ni Desak Made Sri. 2004. Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Pembelajaran Dekorasi Kue melalui Metode Demonstrasi dan Media Job Sheet Mahasiswa Jurusan PKK IKIP Negeri Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran ISSN 0215 -8250 No.1 TH.XXXVII Januari 2004 diakses 7 mei 2013

Andriawan A, T. 2013. “Pengaruh penggunaan Work Preparation Sheet dalam meningkatkan hasil belajar praktik membubut pada mata diklat praktik pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul”. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Azmi, Ar. 2011. Penelitian Tindakan. http://asmi-jagonuansa.blogspot.com /2011/01/ penelitian-tindakan.html di akses 12 Juni 2013.

Djamarah B.S dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Gredler, Bell. (1991). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada.

Guntoro, Sudarto. 2012. “Pengembangan Bahan Ajar Dalam Bentuk Jobsheet Finishing Product Kriya Kayu Dengan Politur di SMK N 2 Kayu Agung. Thesis. Palembang : Universitas Sriwijaya

Hasan, Anwar. 2012. ”Hubungan Motivasi Praktek Dan Pemahaman Penerapan Prosedur Kerja Terhadap Hasil Belajar Praktek Pemesinan Pada Siswa Kelas X Di SMKN 2 Padang Sidimpuan T.A 2011/2012”. Skripsi. Medan : Universitas Negeri Medan.

Purwanto, Suharyadi. 2004. Statika Dasar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Riduwan dan Akdon. 2009. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta

Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta

S. Sadiman, Arief. dkk. 2011. Media Pendidikan. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sriyanto. 2010. Pengertian Pemahaman. http://ian43.wordpress.com /2010/12/17/ pengertian-pemahaman/ diakses 18 Juni 2013.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statika Pendidikan. Jakarta : Pt. RajaGrafindo Persada

Sugiyono. 2009. Statika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Supami. 2011. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Dalam Mata Pelajaran Chasis Dengan Menggunakan Jobsheet Pada SMK N 2 Palembang. Skripsi. Indralaya Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya. 2009. Buku Pedoman Universitas Sriwijaya. Indralaya : Percetakan dan Penerbit Universitas Sriwijaya

Winkel, WS. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo.

Zulkarnain, M. 2012. “Pengaruh Jobsheet Berbasis Project Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana Di SMK PGRI 2 Palembang. Thesis. Palembang : Universitas Sriwijaya.

Downloads

Published

2014-05-05

How to Cite

Pramadya Rumintari, Harlin, & M. Amri Santosa. (2014). HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMBACA JOBSHEET DENGAN KETERAMPILAN PRAKTIK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.36706/jptm.v1i1.167

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.