TANTANGAN SCHOOL FROM HOME (SFH) DI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU ( NEW NORMAL) UNTUK SMK
DOI:
https://doi.org/10.36706/jptm.v7i2.189Keywords:
School From Home, Praktikum, Adaptasi Kebiasaan BaruAbstract
Kebijakan Pemerintah Indonesia melaksanakan School From Home di era adaptasi kebiasaan baru. Memberikan kesempatan bagi siswa dan siswi SMK melakukan pembelajaran daring dan luring.Tulisan ini mengkaji pelaksanaan kebijakan School From Home (SFH) atau pembelajaran dari rumah. Proses belajar dari rumah melalui pendidikan jarak jauh merupakan solusi yang dalam pelaksanaannya belum bisa dianggap ideal secara keseluruhan. Khususnya bagi Sekolah Kejuruan yang menitikberatkan pembelajaran produktif pada kegiatan praktikkum. Lalu persoalan pembelajaran di era adaptasi kebiasaan baru ini juga memiliki berbagai hambatan, baik dari sisi sumber daya manusia, pengaturan penyelenggaraan, kurikulum, maupun sarana belajar. Dalam hal ini Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan stakeholder di bidang pendidikan perlu bersinergi secara bersama-sama melakukan pengawasan dan perbaikan agar pelaksanaan kebijakan School From Home khususnya Sekolah Menengah Kejuruan terutama pada hal pembelajaran produktif bisa dilaksanakan dengan baik dan terjadwal namun tetap memperhatikan kaidah protokol kesehatan di era adaptasi kebiasaan baru ini.
References
Fieka Nurul Arifa. 2020. Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam MasaDarurat Covid 19. Jurnal.
Gridframe.id https://fame.grid.id/read/462234181/sekolah-serentak-masuk-mulai-13-juli-2020-catat-protokol-untuk-anak-anak-tatap-muka-langsungdi-sekolah-sesuai-aturan-kemendikbud?page=all),Diakses 12 Agustus 2020.
Suara. Com : https://www.suara.com/news/2020/07/13/205503/pengertian-daring-dan-luring-apa-bedanya, Diakses tanggal 12 Agustus2020
Hendrastomo, Grendi.2008. Dilema dan Tantangan Pembelajaran E-learning.Jurnal
Wasty Soemanto.(2003).Psikologi Pendidikan. Landasan kerja pemimpin pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.