MEDIA PEMBELAJARAN CUTTING ENGINE SISTEM TRANSMISI SEPEDA MOTOR MANUAL TIPE CUB

Authors

  • Sunarto Hidayat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Haris Abizar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sulaeman Deni Ramdani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.36706/jptm.v8i2.231

Keywords:

Media Pembelajaran, Cutting Engine, Sepeda Motor, Transmsi Manual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk media pembelajaran cutting engine sistem transmisi sepeda motor manual tipe cub, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran pada mata kuliah Sepeda Motor dan Motor Kecil. Penelitian dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) model pengembangan Borg dan Gall. Subjek dari penelitian ini terdiri atas 3 ahli materi, 3 ahli media, dan 21 mahasiswa. Media Pembelajaran ini memiliki pilihan mode pengoperasian (otomatis ataupun mekanis) serta fitur transfer visualisasi yang menjadikan produk ini sebagai media pembelajaran berkarakter fleksibel. Kelayakan media pembelajaran berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukkan media pembelajaran ini layak untuk digunakan pada pembelajaran. Hasil rata-rata dari angket yang telah diperoleh pada ahli media menunjukan presentase 78% dengan kategori “Baik”. Hasil rata-rata ahli media menunjukan presentase 86,60% dengan kategori “Sangat Baik” dan rata-rata untuk angket yang telah diperoleh pada pengguna menunjukan persentase 87,20% dengan kategori “Sangat Baik”.

References

Aan Ardian, Febrianto Amri Ristadi, & Victor Elisananda. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Perawatan Dan Perbaikan Mesin Di Pendidikan Vokasional. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 6(1967).

Anggana, L. P. (2021). STUDI KAJIAN VIDEO TUTORIAL VOKASIONAL HANTARAN UNTUK GURU PENDIDIKAN KHUSUS DI JURUSAN C. JURNAL PENDIDIKAN KHUSUS STUDI.

Aprianto, A., Komaro, M., & Sriyono, S. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Engine Cutting Sepeda Motor Tipe Al 115 F/Fc Pada Kompetensi Memahami Cara Kerja Engine Empat Langkah Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 151. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15181

Defi, A. N., & Faiza, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(2), 112. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i2.112046

Ekawati, R., Permata, E., Fatkhurrohman, M., Irwanto, & Afridah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Kit Teknik Digital berbasis Cooperative Learning Approach. 7(2), 6.

Epinur, Syahri Wilda, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Pada Materi Elektrokimia Untuk Kelas XII SMA N 8 Kota Jambi dengan Menggunakan Software Prezi. Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry, 6(1), 13–22.

Fitri, A. (2020). … Problem Based Learning Berbasis Scientific Approach Terhadap Kemampuan Bepikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ, 2(1), 1–6. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/1390

Heryanto, Y., & Solikin, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif sistem transmisi otomatis. Jurnal Pendidikan Teknik Otomatif, XIX(1), 23–29.

Kurniawan, A. (2017). PENGAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MERAWAT BERKALA TRANSMISI SEPEDA MOTOR.

Mustain, I. (2020). Analisis Literasi Science Techonology Engineering and Mathematics ( STEM ) Dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi : Konsepsi Pada Pendidikan Tinggi Maritim di Indonesia. 1(2), 110–115.

Ningsih, N. P. D. U. (2021). Masa Depan Kurikulum di Pendidikan Vokasi oleh: JURNAL LAMPUHYANG, 12(1), 17–35.

Ningsih, R. (2021). Jurnal Revolusi Indonesia. Jurnal Revolusi Indonesia, 2(1), 21–30.

Pratama, M. Y., & Warju. (2021). Pengaruh Penggunaan Modul Chassis Dynamometer Terhadap Respon Mahasiswa Dan Dosen Pada Mata Kuliah Analisis Performansi Mesin Di Jurusan Teknik Mesin FT Unesa. JPTM Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 61–66.

Ramdani, S. D., Pangestu, A., & Abizar, H. (2020). The dual-design-based pneumatic simulator as supporting media for electro-pneumatic practicum in vocational higher education. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 307. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i3.27345

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Setiyo, E., Zulhermanan, Z., & Harlin, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Flip Book pada Mata Kuliah Elemen Mesin 1 di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 1–6. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.171

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Zauli, N., Sarsetyono, & Apriyanto, N. (2020). TRANSMISI OTOMATIS SEPEDA MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN PERAGA V-MATIC ( Kriteria Ketuntasan Minimum ). Melihat penerapan pembelajaran IPA melalui “ Peningkatan Kemampuan Mendiagnosis dalam mendeteksi dan memecahkan. 2(2), 1–4.

Zulbadri, Syahril, R. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Instrumentasi dan Sinyal Sepeda Motor Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 7(2), 229–236.

Downloads

Published

2025-07-23

How to Cite

Sunarto Hidayat, Haris Abizar, & Sulaeman Deni Ramdani. (2025). MEDIA PEMBELAJARAN CUTTING ENGINE SISTEM TRANSMISI SEPEDA MOTOR MANUAL TIPE CUB. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 8(2), 1–11. https://doi.org/10.36706/jptm.v8i2.231

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.