Buku Digital Interaktif Sistem Air Conditioning (AC): Upaya Membelajarkan Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di Daerah yang Miskin Sinyal Seluler

Authors

  • Indrawan Fardiansah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yayat Ruhiyat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Suherman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.36706/jptm.v8i1.218

Keywords:

Budin, Otomotif, AC, Intensitas, pembelajaran, Covid-19

Abstract

Indonesia dalam laporan PISA tahun 2019 untuk nilai membaca jauh merosot dari sebelumnya, yaitu berada di peringkat 72 dari 79 negara (Hewi & Shaleh, 2020). Faktor eksternal yang mempengaruhi salah satunya adalah proses pembelajaran. Buku Digital Interaktif (BUDIN) merupakan salah satu alternatif media yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat membaca peserta didik (Rosyadi & Santosa, 2019). Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan intensitas membaca siswa melalui BUDIN sistem air conditioning sekaligus menjadi alternatif pembelajaran di masa pandemi covid-19 yang dapat di gunakan di daerah yang miskun sinyal seluler. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survey explanatory. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif (A. Muhidin dan Maman A, 2007:53). BUDIN sistem air conditioning ini diperuntukkan untuk siswa pada program keahlian teknik otomotif kelas XI. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran mandiri menggunakan BUDIN mengalami peningkatan intensitas membaca dari sebelumnya. Terlihat setelah penggunaan BUDIN intensitas membaca mengalami peningkatan. Intensitas membaca kategori sangat tinggi naik menjadi 16%, kemudian kategori tinggi naik menjadi 47% . Sedangkan intensitas membaca kategori sedang mengalami penurunan menjadi 25% siswa, begitupun siswa dengan kategori rendah jauh menurun menjadi 12% siswa dari sebelumnya sebesar 38% siswa.

References

Aisyah., Riswan Jaenudin., & Dewi Koryati. 2017. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit Volume 4, Nomor 1, Mei 2017, hal 1-11.

Ali Muhidin, Sambas dan Maman Abdurrahman. 2007. Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur Dalam Penelitian, Bandung : CV Pustaka Setia.

Danim, Sudarman. 2010. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, Cet. 3, hlm.7

Eem Kurniasih, Lusi Rachmiazasi M, dan Dwi Ampuni Agustina. 2016. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Menyongsong Hidup Berkualitas Berbasis Blended Learning. Prosiding temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII. Uninersitas Terbuka Convention Center, 26 November 2016, hal 349-358.

Faisal, Sanapiah. 2007, Format-Format penelitian Sosial, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Fatimah, Ibda. 2015. Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni 2015, hal 27-38.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Mytelka, L. K., & Smith, K. (2002). Policy learning and innovation theory: An interactive and co-evolving process. Research Policy, 31(8–9), 1467–1479. https://doi.org/10.1016/S0048-7333(02)00076-8

Rosyadi, I., & Santosa, A. B. (2019). PENGEMBANGAN E-BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS 3D FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI KELAS XI TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. In Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (Vol. 8, Issue 1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/26670

Survey Methodology - Robert M. Groves, Floyd J. Fowler, Jr., Mick P. Couper, James M. Lepkowski, Eleanor Singer, Roger Tourangeau - Google Buku. (n.d.). Retrieved March 30, 2021, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ctow8zWdyFgC&oi=fnd&pg=PR15&dq=Groves,+Robert+M.,+Survey+Methodology&ots=fgdL4x-e_g&sig=0NqFbgJFEyXFJvYVHCktWjklLII&redir_esc=y#v=onepage&q=Groves%2C Robert M.%2C Survey Methodology&f=false

Downloads

Published

2025-07-23

How to Cite

Indrawan Fardiansah, Yayat Ruhiyat, & Suherman. (2025). Buku Digital Interaktif Sistem Air Conditioning (AC): Upaya Membelajarkan Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di Daerah yang Miskin Sinyal Seluler. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.36706/jptm.v8i1.218

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.