EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE FORM DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN SEPEDA MOTOR DI SMK NEGERI 1 KOBA

Authors

  • Fansuri Septiawan

DOI:

https://doi.org/10.36706/jptm.v7i2.184

Keywords:

Efektivitas, Google Form, Evaluasi Pembelajaran

Abstract

Dalam pembelajaran diperlukan evaluasi untuk mengetahui hasil dari proses pembelajaran. Pada umumnya, evaluasi pembelajaran dilakukan secara tertulis menggunakan kertas dan membutuhkan waktu untuk memeriksanya. Pada masa pandemi COVID-19 sekarang, dunia pendidikan dalam hal ini sekolah dituntut untuk melakukan proses pembelajaran secara daring atau pembelajaran jarak jauh. Salah satu caranya dengan menggunakan Google Form. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk mengetahui efektivitas penggunaan Google Form dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Sebagai responden adalah siswa kelas XI TBSM SMK Negeri 1 Koba yang aktif mengikuti pembelajaran daring pada mata pelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor. Dari hasil respon indikator angket didapatkan bahwa sebagian siswa menyatakan penggunaan Google Form sebagai media pembelajaran menunjukan respon positif, ini dapat dilihat dari rata-rata persentase sebesar 72,66% dengan kategori baik. Dengan hasil ini Google Form dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 sebagai alternatif pengganti pembelajaran tatap muka.

References

Amalia, (2019). Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/501

Batubara, H. H.. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Islam vol 8, nomor 1, Juni 2016; ISSN: 2085-0034. https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/91

Firman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Milman, N. B. (2015). Distance Education. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.920014

Rahardja, U, dkk. (2018). Pemanfaatan Google Formulir sebagai Sistem Pendaftaran Anggota pada Website Asosiasi. Media Informatika Budidarma, Vol 2, no. 4, Oktober 2018. https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/mib/article/view/789/765

Sianipar, (2019). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kepuasan Pelayanan mahasiswa. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol. 33 no. 1 Februari 2019. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/72

Supardi. Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers, 2013

Wulan, E. R.. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Pustaka Setia: Bandung.

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Fansuri Septiawan. (2025). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE FORM DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN SEPEDA MOTOR DI SMK NEGERI 1 KOBA. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7(2), 129–135. https://doi.org/10.36706/jptm.v7i2.184

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.