PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL PERKULIAHAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK
DOI:
https://doi.org/10.36706/jptm.v10i1.136Keywords:
Hasil belajar, Model PBI, Gambar teknikAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan Perkuliahan Gambar Teknik yang masih terfokus pada dosen, pengetahuan mahasiswa tentang Gambar Teknik masih rendah karena banyaknya hasil belajar mahasiswa yang belum memenuhi kriteria. Oleh karena itu, perlu diterapkan model perkuliahan sehingga perkuliahan Gambar Teknik dapat meningkat. Model yang diterapkan adalah Problem Based Instruction. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa semester satu mata kuliah Gambar Teknik. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksprimental dengan desain pretest-postest one group. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester satu Prodi Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif Universitas Lancang Kuning yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 32 mahasiswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil belajar pretest dan posttest. Data dianalisis dengan menggunakan Gain Score. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata skor pretest 65,75 dan skor posttest 86,50. Dari perhitungan Gain Score <g> adalah 0,557 dengan kategori sedang dengan menggunakan model perkuliahan Problem Based Instruction (PBI) mata kuliah Gambar Teknik di Prodi Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif Universitas Lancang Kuning.
References
Haris Budiman. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.
Hartanto, R. S. W., & Dani, H. (2016). Studi Literatur: pengembangan media pembelajaran dengan software autocad. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 1–6.
Muah, T. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9B Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 Smp Negeri 2 Tuntang - Semarang. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 41. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p41-53
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1209–1220. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.811
Saputra, E. K., Erizon, N., Jasman, J., & Indrawan, E. (2021). Hubungan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 2 Solok. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(1), 45–51. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i1.187
Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043
Supriadi, Maulana, F., & Ustafiano, B. (2022). Development of the Automotive Fundamentals Subject Module with the Discovery Learning Model through a Scientific Approach. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 03(02), 123–130.
Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.
Suryabrata, S. (2007). Metodologi Penelitian, cet. VII, Jakarta: PT Raja Grafindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.