PENGEMBANGAN MODUL AJAR MENGGAMBAR TEKNIK : MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN PEMAHAMAN MAHASISWA

Authors

Keywords:

Hasil Belajar, Modul Ajar, Menggambar Teknik, Model 4-D

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan bertujuan untuk meningkatkan mutu dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa. Proses pembelajaran secara efektif dan efisien mempengaruhi kompetensi mahasiswa. Salah satu cara yang dapat digunakan melalui penggunaan modul ajar. Keberadaan modul ajar perlu adanya kajian pengembangan dengan menyesuaikan perubahan. Peran penting terhadap keberadaan modul ajar perlu adanya kajian sebagai bagian dalam proses perbaikan. Penelitian ini dibatasi terhadap pengembangan modul ajar menggambar teknik pada lingkup Fakultas Teknik, Universitas XYZ Madiun. Metode yang digunakan selama penelitian menggunakan pengembangan Model 4-D. Hasil pengembangan modul ajar menggambar teknik menunjukkan terjadi perubahan hasil belajar mahasiswa dengan perolehan ketuntasan mencapai 81,25 %. Nilai effect size dari penggunaan modul ajar diperoleh 1,89 masuk kategori tinggi sehingga berdampak signifikan terhadap capaian nilai yang diperoleh mahasiswa.

Downloads

Published

2024-05-14

How to Cite

Yudha Adi Kusuma, & Dyan Hatining Ayu Sudarni. (2024). PENGEMBANGAN MODUL AJAR MENGGAMBAR TEKNIK : MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN PEMAHAMAN MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11(1), 13–26. Retrieved from https://jptm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jptm/article/view/11

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.