PENGARUH E-LEARNING BERBASIS MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BADAN KENDARAAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNSRI

Authors

  • Wahyu Try Widiyanto Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jptm.v1i2.131

Keywords:

E-learning berbasis moodle, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-learning berbasis moodle terhadap hasil belajar Konstruksi Badan Kendaraan Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNSRI. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa pendidikan teknik mesin angkatan 2011. Jumlah populasi yang akan diteliti sebanyak 40 mahasiswadengan rincian 30 mahasiswa kampus Indralaya dan 10 mahasiswa kampus Palembang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel dengan cara sampling jenuh, hal ini sering dilakukan bila jumlah populasi relatif kecil. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol peneliti menggunakan teknik purposive, sehingga didapat mahasiswa kampus Indralaya sebagai kelas eksperimen dan mahasiswa kampus Palembang sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa hasil belajar mahasiswa. Dari hasil uji hipotesisdidapat thitung  = 8,88 dan ttabel= 2,025 dengan dk = 38 dan taraf signifikansi 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa thitung>ttabel yaitu 8,88 > 2,025 dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar Konstruksi Badan Kendaraan antara pembelajaran e-learning berbasis moodle dengan pembelajaran langsung.

References

Arikunto, Suharsimi.2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persda.

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar Dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fathurohman, Akhmad. 2011. Pengaruh Pengembangan Model Pembelajaran e-learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Thesis. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Gozali, Ferrianto dan Billion Lo. 2012. Pemanfaatan Teknologi Open Source Dalam Pengembangan Proses Belajar Jarak Jauh di Perguruan Tinggi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI). Jakarta: Trisakti.

Haskari, Farry Apriliano. 2012. Modul Penggunaan Moodle. Universitas Sriwijaya

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Pers.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012.Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadiman, Arif, dkk. 2009. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Jakarta : Alfabeta

Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Surjono, Herman Dwi. 2010. Membangun Coursee-learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.

Trianto. 2011. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Zulhaji, dkk. 2013. Pengelolaan Pembelajarane-learning Berbasis Moodle. Yogyakarta : Andi

(http://elearning.smpn1purwodadi.sch.id/mod/forum/discuss.php?d=13 diakses 22 April 2013)

(https://id.wikipedia.org/wiki/moodle diakses 14 April 2013)

(http://www.m-edukasi.web.id/2012/11/manfaat-pembelajaran-elektronik-atau-e.html diakses 22 April 2013)

Downloads

Published

2014-11-12

How to Cite

Wahyu Try Widiyanto. (2014). PENGARUH E-LEARNING BERBASIS MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BADAN KENDARAAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNSRI. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(2), 185–201. https://doi.org/10.36706/jptm.v1i2.131

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.