Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2024-12-15. Baca versi terbaru.

PENGARUH PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Penulis

Abstrak

Pertumbuhan IPTEK yang sangat pesat, membuat proses belajar mengalami pertumbuhan. Dunia pendidikan saat ini mengalami perubahan, karena wabah Covid-19. Hal ini memberikan perubahan peraturan serta kebijakan yang diterapkan. Proses pembelajaran mulanya secara langsung menjadi pembelajaran secara online. Pemerintah menerbitkan surat edaran untuk stay at home physical and social distancing. Dalam mewujudkan pembelajaran peserta didik secara aktif pada masa pandemik covid-19 butuh kemandirian belajar yang tinggi supaya proses pembelajaran daring terlaksana secara baik. Pada saat covid-19, kemandirian belajar merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh peserta didik supaya  kompetensi  belajar  yang  diinginkan  bisa tercapai secara   maksimal. Metode penelitian adalah penelitian asosiatif dengan analisis kuantitatif. Adapun hasilnya adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara penerapan sistem pembelajaran daring dengan kemandirian belajar mahasiswa di FKIP Universitas Sriwijaya, besar koefisien korelasi (r) yakni 0,433 dan koefisien determinasi (r2) adalah 0,658. Berdasarkan R Square dilihat besarnya pengaruh kedua variabel sebesar 65,8 %.

Kata kunci: Pembelajaran, Daring, Kemandirian, Belajar.

Diterbitkan

2024-11-15 — Diperbaharui pada 2024-12-15

Versi

Cara Mengutip

Setiyo, E., Harlin, H., Hermawan, R., & Adipradana , W. (2024). PENGARUH PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11(2), 1–8. Diambil dari https://jptm.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jptm/article/view/35 (Original work published 15 November 2024)