PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI INTERAKTIF PADA MATA KULIAH MATERIAL TEKNIK PROSES HARDENING DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

Authors

  • Darul Fikri Universitas Sriwijaya
  • Harlin Harlin Universitas Sriwijaya
  • Darlius Darlius Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jptm.v4i2.213

Keywords:

Pengembangan, animasi, interaktif, kualitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media animasi interaktif yang valid,
praktis dan efektif pada mata kuliah Material Teknik proses Hardening. Jenis
penelitian adalah Riset and Development (RnD) dengan menggunakan model
ADDIE (analysis, design, development, implementation dan evaluation).
Evaluasi menggunakan metode evaluasi formatif Tessmer. Hasil penelitian
menujjukan nilai kevalidan media kategori baik dan nilai kevalidan materi
berkategori baik.. Kepraktisan pada ujicoba perorangan, kelompok kecil dan
ujicoba lapangan berkriteria baik. Keefektifan diukur melalui perbandingan
rerata hasil pretest sebesar 70,00 dalam kategori cukup baik dan posttest sebesar
79,52 kategori baik. Peningkatan rerata hasil tes pada tahap posttest
menunjukkan bahwa dengan menerapkan media animasi interaktif dapat
meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Produk media animasi interaktif yang
dihasilkan berkualitas baik, sehingga dapat diterapkan untuk pembelajaran
Material Teknik proses Hardening.

References

Amstead, et.al. (1979). Teknologi

Mekanik. Terjemahan oleh Sriati

Djaprie. 1989. Jakarta: Erlangga.

Ardilah, Nike. (2015). Pengembangan

Modul Matakuliah Material Teknik

Berbasis Animasi Untuk Program

Studi Pendidikan Teknik Mesin

Universitas Sriwijaya. Skripsi tidak

diterbitkan. Indralaya: Pendidikan

Teknik Mesin FKIP Universitas

Sriwijaya.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hakim dan Haryudo. (2014).

Pengembangan Media Pembelajaran

Interaktif Animasi Flash Pada

Standar Kompetensi Memasang

Instalasi Penerangan Listrik

Bangunan Sederhana Di Smk

Walisongo 2 Gempol. Jurnal

Pendidikan Teknik Elektro,

(Online), Volume 03 Nomor 01,

diakses 30 November 2016).

Kustandi dan Sutjindo. (2011). Media

Pembelajaran. Bogor: Ghalia

Indonesia.

Pribadi. (2009). Model Desain Sistem

Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rivai, N., Nurdin, H., & Purwantono.

(2008). Metalurgi dan Pengujian

Logam. Jakarta: DIRPSMK

DEPDIKNAS.

Smaldino, S. E., Deborah, L., & James, D.

R. (2011). Instructional Technology

& Media for Learning: Teknologi

Pembelajaran dan Media untuk

Belajar. Penerjemah. Arif Rahman.

Eds. Kesembilan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian

Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Tessmer, Martin. (1998). Planning and

Conducting Formative Evaluations.

London: Kogan Page.

Tirtarahardja dan Sulo. (2008). Pengantar

Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Darul Fikri, Harlin Harlin, & Darlius Darlius. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI INTERAKTIF PADA MATA KULIAH MATERIAL TEKNIK PROSES HARDENING DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 4(2). https://doi.org/10.36706/jptm.v4i2.213

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.