PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING (ST) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X TPM DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG

Authors

  • Jefri Aldo Universitas Sriwijaya
  • Harlin Universitas Sriwijaya
  • Imam Syofii Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jptm.v6i1.240

Keywords:

learning model, snowball throwing (ST), learning outcomes, PDTM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing (ST) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin kelas X TPm di SMK Negeri 2 Palembang. Populasi dalam penelitian ini ada sebanyak 107 siswa dengan 16 siswa kelompok A sebagai sampel. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental (nondesign) bentuk desain penelitian ini adalah One Group yaitu dengan menggunakan tes awal dan tes akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang berupa soal pilihan ganda, Observasi, dan angket respon. Berdasarkan hasil tes yang didapat pada pertemuan pertama pretest sebesar 67,88 dan nilai pertemuan ke 2 atau posttest sebesar 79,00. Berdasarkan data di atas dapat dikatakan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing (ST) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik Mesin kelas X TPm di SMK Negeri 2 Palembang.

References

Agus, Suprijono. (2013). Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi.(2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Bungin, Burhan. (2008). Metodologi Penelitian Kunatitaif Komunikasi , Ekonomi,dan Kebijakan Publik Serta Ilmu Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: KencanaPrenada Media Group.

Byram, H.M. & Wenrich, R.C. (1956). Vocational Education and Practical Arts in the Community School. New York: The Macmillan Company.

Degeng, Sudana. (1993). Buku Pegangan Teknologi Pendidikan Pusat AntarUniversitas Untuk Peningkatan Dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Universitas Terbuka. Jakarta: Depdikbud RI, Dikti

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik Dalam InteraaksiEdukatif.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ngalim, Purwanto. (2013). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ridwan. (2009). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung :Alfabeta.

Soekidjo Notoatmodjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sudjana (2005). Metode Statistik Edisi ke 6. Bandung: Tarsito

Uno, Hamzah B. & Mohamad, Nurdin. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM : Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta : Bumi Aksara.

Zainal Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdak

Downloads

Published

2019-05-01

How to Cite

Jefri Aldo, Harlin, & Imam Syofii. (2019). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING (ST) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X TPM DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36706/jptm.v6i1.240

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.