PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL INTERAKTIF PADA MATA KULIAH SISTIM PEMINDAH TENAGA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA
DOI:
https://doi.org/10.36706/jptm.v4i1.206Keywords:
Pengembangan, E-Modul, interaktif, kualitasAbstract
Penelitian ini bertujuan membuat E-Modul Interaktif yang valid, praktis dan efektif di
Mata Kuliah Sistim Pemindah Tenaga. Pengembangan E-Modul interaktif telah dilakukan dan
diterapkan untuk pembelajaran mata kuliah Sistim Pemindah Tenaga di Program Studi
Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya dengan menggunakan model ASSURE
(analize learner, state objek, select methods media material, untilize media and material, require
learner, dan evaluate and revise). Evaluasi dilakukan dengan menggunakan metode evaluasi
formatif Tessmer. Data didapat melalui expert review, wawancara, dan tes. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kevalidan materi adalah 4.57 dengan kategori sangat valid, media sebesar
4.35 dengan sangat valid dan 3,70 dengan kategori valid. Hasil tersebut menyatakan produk
memiliki validitas sebesar 4,21 kategori sangat valid dengan rentan 1 - 5. Kepraktisan pada tahap
one to one evaluation didapat dari wawancara, dan tahap small group evaluation sebesar 79,8%
dengan kategori praktis. Efektivitas yang terukur pada field test adalah sebesar 0,51098 dengan
kategori sedang. Efektivitas yang sedang menggambarkan bahwa penggunaan produk ini telah
mampu meningkatkan prestasi belajar kognitif mahasiswa. Produk berupa E-Modul interaktif
berkualitas tinggi sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran mata kuliah sistim pemindah
tenaga di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya.
References
Akker, J. (1999). Principle and Methods of
Development Research. In J, Akker, R.
Branch, K. Gustafson, & T. Nieveen N
dan Plom, Design Methodology and
Developmment Research. London:
Kluwer.
Anonim. 2000. New Step 1 Training Manual.
Jakarta: PT Toyota Astra Motor.
Amir, R.(2013). Strategi & Desain
Pengembangan Sisitem Pembelajaran.
Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arikunto, S.(2012). Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arsyad, A.(2011). Media Pembelajaran.
Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Daryanto.(2010). Media Pembelajaran
Peranannya Sangat Penting Dalam
Mencapat Tujuan Pembelajaran.
Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto.(1994). Teknik Servis Mobil. Jakarta:
PT Rineka Cipta
Dick, W., & Caret, L. (1993). Planning and
Conducting Formative Evaluations:
Improving The Quality of Education
and Training. London : Kogan Page
Miarso, Y.(2004). Menyemai Benih Teknologi
Pendidikan. Jakarta: Prenada Media
kerjasama dengan PUSTEKOM.
Miarso, Yusufhadi. (2011). Menyemai Benih
Teknologi Pendidikan. Eds. 1. Jakarta:
Kencana.
Mulyono, A. (2003). Pendidikan Bagi Anak
Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif
Membuat Bahan Ajar Inovatif.
Jogjakarta: DIVA Press.
Prawiradilaga, D. S. 2008. Prinsip Desain
Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Rusman, K D, Dan Riyana C.
(2011).Pembelajaran Berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi
(Mengembangkan Profesionalitas
Guru). Jakarta : PT Rajagrafindo
Persada
Sanjaya, W.(2008). Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
______. (2012). Media Komunikasi
Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Smaldino, S E., Deborah L. Lowther., James D.
Rusel. (2011). Instruksional Tecnology
& Media for Learning: Teknologi
Pembelajaran dan Media untuk
Belajar. Penerjemah. Arif Rahman.
Eds. Kesembilan. Jakarta: Kencana.
Suarsana. 2013. “Pengembangan E-Modul
Berorientasi Pemecahan Masalah
untuk Meningkatkan Ketrampilan
Berpikir Kritis Mahasiswa”. Dari
Online
Sudjana, N. (1992). Metode Statistika.
Bandung: Tarsito.
________. (2002). Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung : Remaja
Rusdakarya
Sudjana, N dan Ahmad R. (2003). Media
Pembelajaran. Bandung : Sinar baru
Algensindo
_______(2003). Teknologi Pengajaran.
Bandung : Sinar baru Algensindo
_______ (2009). Media Pengajaran
(Penggunaan dan Pembuatannya).
Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta..
Tessmer. (1999). Planning and Conducting
Formative Evaluation. London: Kogan
Page.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.