PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL INTERAKTIF PADA MATA KULIAH SISTIM PEMINDAH TENAGA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Authors

  • Oktariawan Dika Putra Universitas Sriwijaya
  • Darlius Darlius Universitas Sriwijaya
  • Harlin Harlin Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jptm.v4i1.206

Keywords:

Pengembangan, E-Modul, interaktif, kualitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat E-Modul Interaktif yang valid, praktis dan efektif di
Mata Kuliah Sistim Pemindah Tenaga. Pengembangan E-Modul interaktif telah dilakukan dan
diterapkan untuk pembelajaran mata kuliah Sistim Pemindah Tenaga di Program Studi
Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya dengan menggunakan model ASSURE
(analize learner, state objek, select methods media material, untilize media and material, require
learner, dan evaluate and revise). Evaluasi dilakukan dengan menggunakan metode evaluasi
formatif Tessmer. Data didapat melalui expert review, wawancara, dan tes. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kevalidan materi adalah 4.57 dengan kategori sangat valid, media sebesar
4.35 dengan sangat valid dan 3,70 dengan kategori valid. Hasil tersebut menyatakan produk
memiliki validitas sebesar 4,21 kategori sangat valid dengan rentan 1 - 5. Kepraktisan pada tahap
one to one evaluation didapat dari wawancara, dan tahap small group evaluation sebesar 79,8%
dengan kategori praktis. Efektivitas yang terukur pada field test adalah sebesar 0,51098 dengan
kategori sedang. Efektivitas yang sedang menggambarkan bahwa penggunaan produk ini telah
mampu meningkatkan prestasi belajar kognitif mahasiswa. Produk berupa E-Modul interaktif
berkualitas tinggi sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran mata kuliah sistim pemindah
tenaga di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya.

References

Akker, J. (1999). Principle and Methods of

Development Research. In J, Akker, R.

Branch, K. Gustafson, & T. Nieveen N

dan Plom, Design Methodology and

Developmment Research. London:

Kluwer.

Anonim. 2000. New Step 1 Training Manual.

Jakarta: PT Toyota Astra Motor.

Amir, R.(2013). Strategi & Desain

Pengembangan Sisitem Pembelajaran.

Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, S.(2012). Dasar-dasar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arsyad, A.(2011). Media Pembelajaran.

Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto.(2010). Media Pembelajaran

Peranannya Sangat Penting Dalam

Mencapat Tujuan Pembelajaran.

Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto.(1994). Teknik Servis Mobil. Jakarta:

PT Rineka Cipta

Dick, W., & Caret, L. (1993). Planning and

Conducting Formative Evaluations:

Improving The Quality of Education

and Training. London : Kogan Page

Miarso, Y.(2004). Menyemai Benih Teknologi

Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

kerjasama dengan PUSTEKOM.

Miarso, Yusufhadi. (2011). Menyemai Benih

Teknologi Pendidikan. Eds. 1. Jakarta:

Kencana.

Mulyono, A. (2003). Pendidikan Bagi Anak

Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif

Membuat Bahan Ajar Inovatif.

Jogjakarta: DIVA Press.

Prawiradilaga, D. S. 2008. Prinsip Desain

Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Rusman, K D, Dan Riyana C.

(2011).Pembelajaran Berbasis

Teknologi Informasi dan Komunikasi

(Mengembangkan Profesionalitas

Guru). Jakarta : PT Rajagrafindo

Persada

Sanjaya, W.(2008). Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

______. (2012). Media Komunikasi

Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Smaldino, S E., Deborah L. Lowther., James D.

Rusel. (2011). Instruksional Tecnology

& Media for Learning: Teknologi

Pembelajaran dan Media untuk

Belajar. Penerjemah. Arif Rahman.

Eds. Kesembilan. Jakarta: Kencana.

Suarsana. 2013. “Pengembangan E-Modul

Berorientasi Pemecahan Masalah

untuk Meningkatkan Ketrampilan

Berpikir Kritis Mahasiswa”. Dari

Online

Sudjana, N. (1992). Metode Statistika.

Bandung: Tarsito.

________. (2002). Penilaian Hasil Proses

Belajar Mengajar. Bandung : Remaja

Rusdakarya

Sudjana, N dan Ahmad R. (2003). Media

Pembelajaran. Bandung : Sinar baru

Algensindo

_______(2003). Teknologi Pengajaran.

Bandung : Sinar baru Algensindo

_______ (2009). Media Pengajaran

(Penggunaan dan Pembuatannya).

Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta..

Tessmer. (1999). Planning and Conducting

Formative Evaluation. London: Kogan

Page.

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Oktariawan Dika Putra, Darlius Darlius, & Harlin Harlin. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL INTERAKTIF PADA MATA KULIAH SISTIM PEMINDAH TENAGA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 4(1), 29–37. https://doi.org/10.36706/jptm.v4i1.206

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 

You may also start an advanced similarity search for this article.