PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRODUK PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Achmad Romadin Universitas Negeri malang
  • Wahyu Mustika Rini Universitas Negeri malang
  • Rosad Junaidi Bakhtiar Universitas Negeri malang
  • Himawan Bagus Prasetya Universitas Negeri malang

DOI:

https://doi.org/10.36706/jptm.v10i1.133

Keywords:

SMK, Pembelajaran Berbasis Produk, Inventor Autodesk

Abstract

Revolusi Industri (RI) 4.0 turut andil dalam hal perkembangan dunia pendidikan saat ini. Model pembelajaran inovatif yang mampu mencapai kompetensi RI 4.0 adalah pembelajaran berbasis produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang berlokasi pada SMK Negeri 6 Malang. Hasil penelitian menyebutkan: (1) terdapat 2 perencanaan pembelajaran berbasis produk yakni perencanaan yang dilakukan secara internal dan perencanaan yang dilakukan secara eksternal yang dilakukan oleh guru, kepala bengkel, peserta didik dan instruktur industri; (2) Pelaksanaan pembelajaran meliputi beberapa kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik yang meliputi: pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup dan kegiatan refleksi pembelajaran; dan (3) Evaluasi pembelajaran berbasis produk pada mata pelajaran gambar teknik manufaktur dilakukan dengan 2 tahap, tahap pertama dilakukan oleh seorang guru dan tahap kedua dilakukan bersama-sama dengan instruktur industri

References

Ahmed, A., & Sayed, K. (2021). An extensive model for implementing competency‐based training in technical and vocational education and training teacher training system for Assiut‐Integrated Technical Education Cluster, Egypt. The Journal of Competency-Based Education, 6(2), 1–11. https://doi.org/10.1002/cbe2.1245

Anwar, S. (2021). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62–76. https://doi.org/10.55080/jpn.v1i1.7

Aprianto, A., Putra, M. E., Maulana, F., & Batubara, H. S. (2022). DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP KESIAPAN. 9(November).

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan. In Evaluasi Program Pendidikan (p. 228).

Chalkiadaki, A. (2018). A systematic literature review of 21st century skills and competencies in primary education. International Journal of Instruction, 11(3), 1–16. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1131a

Chouhan, V. S., & Srivastava, S. (2014). Understanding Competencies and Competency Modeling ― A Literature Survey. IOSR Journal of Business and Management, 16(1), 14–22. https://doi.org/10.9790/487x-16111422

Field, H. (1979). Competency Based Teacher Education (CBTE): A Review of the Literature. British Journal of In-Service Education, 6(1), 39–42. https://doi.org/10.1080/0305763790060109

Grenčíková, A., Kordoš, M., & Navickas, V. (2021). The impact of industry 4.0 on education contents. Business: Theory and Practice, 22(1), 29–38. https://doi.org/10.3846/btp.2021.13166

Kementrian Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 (Vol. 4).

Lapisa, R., Basri, I. Y., Arif, A., & Saputra, H. D. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Auto Cad. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 119–126. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.82

Maryanti, N., & Apriana, D. (2019). Kompetensi Siswa SMK dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 633–642.

Meganingtyas, D. E. W., Serevina, V., Valentina, F., & Soraya, S. (2022). Development of online learning implementation plan (LIP) based entrepreneurship-based learning on static fluid material. Journal of Physics: Conference Series, 2309(1), 1–15. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2309/1/012048

Meita, L., Furi, I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60–60. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13886

Nadzir. (2013). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter. Pendidikan, 2(2), 339–352.

Rasmawan, R. (2021). Pengembangan Instrumen Microteaching Berdasarkan Pembelajaran Abad Ke-21. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 31. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2348

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71.

Rawi, I. I. M., & Karuppannan, G. (2020). 2D CAD Engineering Drawing for Industrial Design: Furniture and Products Designed by Students. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 10(2), 847–859. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v10-i2/7015

Romadin, A. (2018). Studi pengelolaan transformer class Program keahlian Teknik Pengelasan SMK PGRI 3 Malang dengan PT. Bambang Djaja Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Romadin, A., Yoto, Y., & Nurhadi, D. (2021). Career Identification of Production Operators’ Position in Manufacture Industries. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 44(1), 1. https://doi.org/10.17977/um031v44i12021p1-9

Rusdin, N. M. & Ali, & S. R. (2013). Amalan Dan Cabaran Pelaksanaan Pembelajaran Abad Ke-21. Proceedings of Islamic Civilization and Technology Management, 2013–2025.

Sasmoko, Noerlina, Indrianti, Y., & Wahid, N. H. A. (2020). Indonesian vocational engagement (I-vocatie): A new concept in improving teacher competencies 4.0. Journal of Technical Education and Training, 12(3 Special Issue), 97–105. https://doi.org/10.30880/jtet.2020.12.03.010

Shara, Y. (2022). 3 . 1993. May, 161–195. https://doi.org/10.14807/ijmp.v

Soulisa, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran. In Widina bhakti persada bandung (Vol. 5, Issue 3).

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya, 4(2), 88–100.

Sulistyanto, S., Mutohhari, F., Kurniawan, A., & Ratnawati, D. (2021). Kebutuhan kompetensi di era revolusi industri 4 . 0 : review perspektif pendidikan vokasional Competency needs in the era of the industrial revolution 4 . 0 : a review of the vocational education perspective. 9(1), 25–35.

Sunaryo, Serevina, V., Anjani, P., & Anggraini, D. (2022). The Validity of Learning Implementation Plan of Independent Learning in Online Learning using Direct Learning Models on Thermodynamics Subject. Journal of Physics: Conference Series, 2309(1), 1–15. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2309/1/012094

Syahri, B., Jalinus, N., Refdinal, & Hilman, A. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning di SMK. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 92. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53286

Yang, F., & Gu, S. (2021). Industry 4.0, a revolution that requires technology and national strategies. Complex and Intelligent Systems, 7(3), 1311–1325. https://doi.org/10.1007/s40747-020-00267-9

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Achmad Romadin, Wahyu Mustika Rini, Rosad Junaidi Bakhtiar, & Himawan Bagus Prasetya. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRODUK PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.36706/jptm.v10i1.133

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.